SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Tentang Kisah Nabi Ibrahim as Melalui Metode Sosiodrama Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sawangan Paninggaran Pekalongan
Proses pembelajaran PAI tentang kisah Nabi Ibrahim As yang berlangsung
di SD Negeri Sawangan selama ini masih menggunakan metode ceramah, yaitu
seorang guru hanya memberikan penjelasan pada siswa. Hal ini menyebabkan
kualitas proses dalam pembelajaran itu sendiri cenderung berlangsung satu arah,
siswa kurang aktif dan guru hanya menggunakan metode pembelajaran itu-itu saja
tanpa ada pembaharuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Oleh
karena itu masih sangat perlu keseriusan seorang guru dalam usaha memilih
metode pembelajaran yang tepat dan menarik dalam melaksanakan pembelajaran
PAI agar minat siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat yang akhirnya
kepada meningkatkanya prestasi belajar siswa. Metode sosiodrama sangat perlu
dicoba untuk meningkatkan hasil belajar PAI tentang kisah Nabi Ibrahim as,
karena dengan menjelaskan dan mempraktekkan sebagai peran secara langsung,
siswa akan lebih mudah memahami isi dari materi tersebut.
Berkenaan dengan masalah ini, rumusan masalah yang penulis ajukan
adalah bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas IV SD Negeri Sawangan
Paninggaran Pekalongan? dan apakah metode sosiodrama bisa meningkatkan
prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Sawangan dalam mata pelajaran PAI?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar PAI pada siswa kelas
IV SD Negeri Sawangan Paninggaran Pekalongan dan untuk menguji apakah
metode sosiodrama bisa meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri
Sawangan dalam mata pelajaran PAI.
Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur (PTK) yang
meliputi empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action),
observasi (observation), dan refleksi (relection). Dalam penelitian tindakan ini
pengumpulan data diperoleh dan dilakukan dengan menggunakan observasi,
dokumentasi dan tes. Data penelitian yang terkumpul (data kuantitatif dan data
kualitatif) setelah ditabulasi, kemudian dianalisis untuk mencapai tujuan
penelitian. Analisis yang digunakan adalah teknik deskripsi.
Kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: prestasi belajar
PAI siswa kelas IV SD Negeri Sawangan meningkat. Hal ini dapat dilihat dari
nilai rata-rata kelas yang hanya 60,9 pada pra siklus menjadi 70,5 pada siklus I;
dan meningkat lagi menjadi 81,8 pada siklus II. Ketuntasan belajar peserta didik
mengalami peningkatan dari 40% peserta didik tuntas belajar pada pra siklus
meningkat menjadi 64% pada siklus I, dan pada siklus II ketuntasan belajar
peserta didik menjadi 91,6%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
sosiodrama dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran
PAI tentang materi kisah Nabi Ibrahim as di kelas IV SD Negeri Sawangan
15SK1521284.00 | SK PAI 15.284 NAS u C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain