SKRIPSI PAI
Studi Tentang Metode Beyond Centre and Circle Time (BCCT) Melalui Sentra Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di Kelompok A semester 1 TK Yaa Bunayya Kota Pekalongan Tahun 2014
Umumnya di sekolah Taman Kanak-kanak (TK) sering kita temui metode
pembelajaran yang masih berpusat pada guru, anak kurang diberi kesempatan untuk
membangun sendiri pengetahuannya tentang sesuatu hal, yang menjadikan anak
kurang terlatih intelegensinya, cenderung pasif dan anak kurang komunikatif baik
terhadap guru, teman dan lingkungan sekitar. Selain itu, realitas di dalam kelas, guru
lebih banyak ceramah menjadikan proses pembelajaran monoton, kurang aktif dan
kreatif. Pengetahuan yang didapat anak kurang maksimal dan tidak bertahan lama
dari ingatannya. Sementara yang menjadi masalah saat ini adalah bagaimana cara
mengembangkan dan meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam merespon
setiap materi yang sedang dan telah di ajarkan oleh pendidik. Dari masalah tersebut
peneliti terdorong melakukan studi tentang metode Beyond Center and Circle Time
(BCCT) melalui sentra sains untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak didik,
sehingga anak mampu berfikir ilmiah dan berimajinasi aktif dan dinamis.
Atas dasar pemikiran di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah : Bagaimana penerapan metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) di
TK Yaa Bunayya Kota Pekalongan dan apakah terdapat peningkatan kemampuan
kognitif anak didik di TK-A Yaa Bunayya Kota Pekalongan, setelah dibelajarkan
dengan menggunakan metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) melalui
sentra sains. Adapun kegunaan penelitian ini adalah 1) bagi anak adalah :
Meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui pembelajaran sains. 2) bagi guru
adalah : Meningkatkan kreatifitas guru dalam model pembelajaran. 3) bagi sekolah :
Meningkatkan prestasi sekolah dalam upaya peningkatan kamampuan kognitif anak
didiknya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif. Tujuan penelitian
ini adalah mendeskripsikan penerapan metode Beyond Center and Circle Time
(BCCT) di TK Yaa Bunayya Kota Pekalongan. Adapun prosedur pengumpulan data
yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk
menganalisis data, peneliti menggunakan analisis interaktif.
Hasil penelitian ini adalah melalui kegiatan sentra sains dalam metode
BCCT, anak dapat memanipulasi objek yang ada di masing-masing sentra yang
disediakan dengan menggunakan 4 pijakan, yaitu pijakan lingkungan main, pijakan
sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main. Anak mampu
mengembangkan percakapan, kognisi serta belajar sesuai tingkatan dan langkah-langkah yang dia inginkan
15SK1521283.00 | SK PAI 15.283 MUN s C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain