SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Bermain Dalam Upaya Menanamkan Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Dini di TK Masyithoh 09 Landungsari Kecamatan Pekalongan Timur
Unsur utama dalam pengembangan program bagi anak usia dini adalah
bermain. Pendidikan awal di masa kanak-kanak diyakini memiliki peran penting bagi
pertumbuhan dan perkembangan pengetahuan selanjutnya. Program kegiatan
bermain yang dikembangkan terdiri dari bidang perkembangan sosial dan emosi,
perkembangan bahasa, perkembangan literasi awal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja jenis-jenis metode
bermain sebagai upaya menanamkan kecerdasan emosional anak usia dini di TK
Masyithoh 09 Landungsari Kecamatan Pekalongan Timur? bagaimana penerapan
metode bermain dalam upaya menanamkan kecerdasan emosional pada anak usia
dini di TK Masyithoh 09 Landungsari Kecamatan Pekalongan Timur? bagaimana
faktor penghambat dan pendorong dalam menerapkan metode bermain sebagai upaya
menanamkan kecerdasan emosional anak usia dini di TK Masyithoh 09
Landungsari?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis metode
bermain sebagai upaya menanamkan kecerdasan emosional anak usia dini di TK
Masyithoh 09 Landungsari, untuk mengetahui penerapan metode bermain dalam
upaya menanamkan kecerdasan emosional pada anak usia dini di TK Masyithoh 09
Landungsari, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong dalam
menerapkan metode bermain sebagai upaya menanamkan kecerdasan emosional
anak usia dini di TK Masyithoh 09 Landungsari. Kegunaan penelitian dapat
menambah ilmu pengetahuan serta membangkitkan semangat guru agar kreatif.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview, dan dokumentasi.
Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Jenis-jenis metode bermain
sebagai upaya menanamkan kecerdasan emosional anak usia dini di TK Masyithoh
09 Landungsari terdapat dalam 8 (delapan) sentra permainan, meliputi: sentra balok,
sentra bahan alam, sentra peran, sentra persiapan, sentra imtak (ibadah), sentra
cooking, sentra olah tubuh, dan sentra seni. Kedua, Penerapan metode bermain dalam
di TK Masyithoh 09 Landungsari Kecamatan Pekalongan Timur terbagi menjadi 4
(empat) pijakan, yaitu pijakan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan
selama main dan pijakan setelah main. Ketiga, Faktor penghambat metode bermain
sebagai upaya menanamkan kecerdasan emosional anak usia dini di TK Masyithoh
09 Landungsari, antara lain: anak yang malas dan lebih memilih untuk bercanda
dengan teman-temannya, tingkat kecerdasan anak berbeda dan sikap malu pada anak
didik. Sedangkan faktor pendorongnya: guru yang profesional dan terlatih, kemauan
peserta didik untuk belajar dengan menggunakan metode bermain, dukungan,
bantuan dan masukan dari orang tua, tersedianya alat permainan yang mencukupi.
15SK1521279.00 | SK PAI 15.279 FAD p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain