SKRIPSI PAI
Peranan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa MSI 15 Medono Pekalongan
Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah 15 Medono Pekalongan merupakan salah satu
lembaga pendidikan yang mempelajari bahasa Arab. Dalam pembelajaran bahasa
Arab kelas III menggunakan metode bernyanyi dalam pembelajaran kosakata.
Salah satu metode yang digunakan dalam menghafal bahasa arab yaitu metode
bernyanyi, karena dengan bernyanyi siswa lebih enjoy dalam pembelajaran dan
ingatan siswa lebih lama tentang pembelajaran mufrodat.
Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana peranan metode bernyanyi dalam
meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab siswa kelas III,
Bagaimana penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas III MSI 15 Medono,
Apa saja faktor pendukung dan penghambat metode bernyanyi dalam
meningkatkan kemampuan menghafal kosakata siswa kelas III. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan metode bernyanyi dalam
meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab siswa kelas III, untuk
mengetahui penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas III MSI 15 Medono
Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode
bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab
siswa kelas III.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah field
resech (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data penelitian ini adalah
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif yang menggunakan metode induktif, yaitu
cara peneliti berusaha mengumpulkan fakta dari fenomena atau peristiwa-peristiwa yang bersifat khusus, kemudian berdasarkan fenomena atau peristiwa
yang bersifat khusus tadi, diambil kesimpulan yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan metode bernyanyi dalam
meningkatkan kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab siswa kelas III MSI
15 Medono Pekalongan sangat penting. Karena kemampuan siswa dalam
menghafal bahasa Arab meningkat, dan bisa dilihat dari nilai evaluasi siswa yang
baik.
15SK1521275.00 | SK PAI 15.275 LAB p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain