SKRIPSI PAI
Penerapan proses penilaian ranah psikomotor siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SDIT ulul albab pekalongan
Hasil penelitian ini adalah penerapan proses penilaian dalam ranah psikomotor dapat dilakukan dalam pempelajaran setelah penyampaian materi dan ketika waktu ujian tertentu seperti UTS, UAS atu ulangan harian. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi atau lembar penilaian siswa. faktor-faktor yang mendukung terlaksananya penilaian ranah psikomotor dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam ini antar lain adaalh persiapan guru, persiapan siswa, waktu yang mencukupi dan tempat yang kondusif. Faktor yang menghambat terlaksananya penilaian ranah psikomotor dalam mata pelajaran pendidikan agama islam ini kebalikan dari faktor pendukungnya antara yaitu ketidaksiapan guru, ketidaksiapan siswa, keterbatasan waktu dan tempat yang tidak kondusif. Kesimpulannya SDIT Ulul Albab sudah menerapkan penilaian psikomotor dengan baik. Tetapi dalam administrasinya kurang rapi dan tersimpan dengan baik. Saran yang penulis berikan adalah kepada Kepala Dinas Pendidikan sebaikya memberikan pedoman yang tertulis dan jelas tentang prosedur penilaian dalam pendidikan yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Kepada guru terutama guru pendidikan agama islam agar berusaha membuat dan mengembangkan instrumen penilaian yang dapat menilai ranah kognitif, afektif dan psikomotor kemudia mendokumentasikannya dengan rapi. Kepada teman-teman mahasiswa serta para peneliti lain agar agar dapat mengkaji penerapan penilaian dlam tiga ranah secara menyeluruh agar pembelajaran memperoleh hasil yang maksimal dlam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional.
02SK027421.00 | SK PAI12.274 SIL p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain