SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Baca Tulis Huruf Hijaiyah di TK Islam Ahfa Krapyak Pekalongan
Upaya pengenalan Al-Qur an sejak dini adalah sebuah keniscayaan dan
diperlukan peranan orang tua. Pendidikan anak tentang baca tulis Al-Qur an
sangatlah penting guna mendukung perkembangan anak dalam memberantas buta
huruf Al-Qur an khususnya di TK Islam AHFA Krapyak Pekalongan. Metode
Tilawati adalah salah satu metode pembelajaran baca tulis Huruf Hijaiyah yang
sangat menarik bagi anak usia dini dikarenakan menggunakan lagu rast. TK Islam
AHFA Krapyak Pekalongan adalah satu-satunya lembaga pendidikan di
Pekalongan yang menggunakan metode Tilawati di Pekalongan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi
metode Tilawati di TK Islam AHFA Krapyak Pekalongan? Apa kelebihan dan
kekurangan metode Tilawati dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur an masa
kanak-kanak di TK Islam AHFA Krapyak Pekalongan?. Tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan konsep umum metode Tilawati dan implementasinya serta
mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Tilawati
di TK Islam AHFA Krapyak Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian secara
praktis diharapkan memberi pengetahuan kepada masyarakat mengenai Metode
Tilwati yang baik untuk diterapkan pada anak-anaknya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer adalah kepala TK dan
pendidik sedangkan data sekunder yaitu dokumentasi yang relevan. Metode
pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi
dengan menggunakan analisis data deskriptif.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa implementasi metode
Tilawati di TK Islam AHFA dari segi kebutuhan bagi siswa anak usia dini dinilai
sudah terlaksana dengan baik walaupun dalam implementasinya ada hambatan-hambatan yang menjadikan target pembelajarannya tidak sesuai dengan Lembaga
Tilawati Pusat antara lain materi yang diterapkan tidak sampai khatam akan tetapi
hanya sampai jilid III saja dan evaluasi yang diterapkan tidak sesuai dengan
evaluasi yang telah ditentukan dikarenakan TK Islam AHFA tidak mengajarkan
materi Al-Qur an secara keseluruhan melainkan sebagian saja, dan usia siswa
masih dini yaitu 4-6 tahun yang masih dalam tahap pengenalan huruf-huruf
hijaiyah dan belum saatnya untuk menjalankan evaluasi yang telah ditetapkan di
Lembaga Pusat. Hal tersebut TK Islam membuat target sendiri dalam
pembelajaran Metode Tilawati.
15SK1521270.00 | SK PAI 15.270 ATH i | My Library (Lantai 3 Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain