SKRIPSI PAI
Strategi Penciptaan Suasana Religius Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri [MAN] Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011
Berdasarkan observasi, interview, dan kuisioner serta analisis penulis selama melakukan penelitian skripsi ini, maka dibawah ini, penulis paparkan kesimpulan-kesimpulan yang berhubungan dengan rumusan masalah yang penulis ajukan di depan yaitu : a.> Strategi penciptaan suasana religius di Madrasah Aliyah Negeri [MAN] Pemalang antara lain : 1] Sholat Dhuha berjamaah, 2] Sholat Dhuhur berjamaah, 3] Wirid atau Doa pagi, 4] Tadzarus Al-Quran ,yasinan., 5]Mujahadah atau Istighosah, 6] Pengajian Hari Besar Islam [PHBI], dan 7] Seni Hadlrohatau shalawat yang masing-masing program kerja tersebut, meliputi : waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, peserta, pemimpin, materi kegiatan, tujuan dan metodenya. b.> Pelaksanaan program kerja sebagai implementasi atau penjabaran strategi penciptaan suasana religius di Madrasah Aliyah Negeri [MAN] Pemalang tersebut berjalan dengan cukup lancar dan baik karena didukung oleh tipe lingkungan sekolah baik akademika sekolah, keluarga dan masyarakat yang agamis, ada keteladanan dan lain-lain. Namun demikian, sedikit ada penghambat kegiatan yaitu kegiatan yang berada di luar jam sekolah kurang diminati oleh siswa, mungkin karena secara psikologis perkembangan keagamaan peserta didik pada remaja yang kepatuhannya berkurang, karena perasaan atau emosinya belum stabil, c.> Keberhasilan dari strategi penciptaan suasana religius di Madrasah Aliyah Negeri [MAN] Pemalang dilakukan secara terpadu, integral. Evaluasi menggunakan penilaian proses terhadap proses kegiatan siswa melalui : rekap absensi kegiatan, membuat resume kegiatan pengajian, pengamatan terhadap sikap dan perilaku selama mengikuti kegiatan, Evaluasi kegiatan keagamaan dalam bentuk praktek langsung, bukan tes tertulis. Nilai kegiatan keagamaan dimasukkan kedalam nilai praktek bidang agama dan nilai pembiasaan sikap.
00SK002621.00 | SK PAI12.026 SET s C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain