SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Program Pengembangan Diri Di SDN 01 Pekiringan Ageng Kajen Pekalongan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, bentuk program pengembangan diri di SDN 01 Pekiringan Ageng Kajen Pekalongan, meliputi : Bidang Agama Islam, Pelaksanaan Kegiatan Kepramukaan, serta Pelaksanaan Kegiatan Olahraga. Adapun tujuan dari adanya program pengembangan diri yang ada di SDN 01 Pekiringan Ageng Kajen Pekalongan hampir senada dengan tujuan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah menurut Direktorat Pendidikan yakni : Kegiatan ekstrakurikuler harus dapat meningkatkan kemampuan siswa beraspek kognitif, afektif dan psikomotor, mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif, serta dapat mengetahui, mengenal serta membedakan antara hubungan satu pelajaran dengan mata pelajaran lainnya. Kedua, materi dan metode program pengembangan diri di SDN 01 Pekiringan Ageng Kajen Pekalongan meliputi 7 [tujuh] macam, yakni : 1] Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, 2] Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, 3] Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela negara, 4] Pembinaan prestasi akademik, seni, olahraga sesuai dengan bakat dan minat, 5] Pembinaan kreatifitas dan keterampilan siswa, 6] Pembinaan kualitas jasmani dan kesehatan gizi, 7] Pembinaan sastra dan budaya. Sedangkan metode program pengembangan diri di SDN 01 Pekiringan Ageng Kajen Pekalongan adalah sebagai berikut : metode pembiasaan, metode penugasan, serta metode demonstrasi. Ketiga, faktor yang menghambat pelaksanaan program pengembangan diri di SDN 01 Pekiringan Ageng Kajen Pekalongan antara lain : minimnya waktu sekolah, kurangnya tenaga pengajar dari berbagai bidang keilmuan, kemalasan siswa, serta kurangnya sarana dan prasarana. Sedangkan faktor pendukung pelaksanaan program pengembangan diri di SDN 01 Pekiringan Ageng Kajen Pekalongan antara lain :adanya dukungan, bantuan dan masukan dari berbagai pihak [stake holder] yang kontributif, adanya dukungan dan komitmen yang tinggi dari kepala sekolah, serta lingkungan sekolah yang mendukung.
02SK026021.00 | SK PAI12.260 QOY p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain