SKRIPSI PAI
Motivasi Belajar Siswa MTs Nurul Qomar Kergon Pekalongan Dalam Keluarga Broken Home
Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah
laku. Prilaku belajar siswa muncul tidak terlepas dari adanya motivasi yang ada di
dalam dirinya dan di luar dirinya seperti lingkungan keluarga. Keluarga
merupakan pemberi motivasi yang terbesar bagi siswa. Jika di dalam keluarga
seorang siswa mengalami ketidak harmonisan atau yang biasa dikenal dengan
broken home, tentunya sedikit banyak mempengaruhi motivasi belajar siswa
sehingga prestasi belajar siswa tersebut bisa berdampak pula.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana
motivasi belajar siswa MTs Nurul Qomar Kergon Pekalongan dalam keluarga
broken home, faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat motivasi
belajar siswa MTs Nurul Qomar Kergon Pekalongan dalam keluarga broken
home. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi
belajar siswa MTs Nurul Qomar Kergon Pekalongan dalam keluarga broken home
dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat
motivasi belajar siswa MTs Nurul Qomar Kergon Pekalongan dalam keluarga
broken home. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk kegunaan teoritis,
sebagai sumbangan pemikiran agar dapat dijadikan pedoman untuk lebih
meningkatkan prestasi belajar siswanya, menambah wawasan dan pengetahuan,
terutama tentang motivasi belajar untuk siswa. Untuk kegunaan praktisnya, secara
akademis memberikan kontribusi tentang pentingnya meningkatkan motivasi
belajar siswa dan secara kelembagaan, penelitian ini berguna bagi peningkatan
motivasi belajar siswa.
Untuk metode penelitian, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif, dan jenis penelitian lapangan (field research). Karena penelitian ini
termasuk jenis penelitian lapangan (field research), maka teknik pengumpulan
datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi dan metode dokumentasi.
Untuk metode analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan
langkah-langkah sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan Penarikan kesimpulan.
Setelah dilakukan pengolahan data, diperoleh kesimpulan bahwa motivasi
belajar siswa MTs Nurul Qomar Kergon Pekalongan dalam keluarga broken home
sangat bervariasi yaitu ada yang tinggi, sedang dan rendah, motivasi yang mereka
miliki didasari oleh alasan yang muncul dari dalam dirinya. Dalam penelitian
yang telah dilakukan, ditemukan beberapa faktor pendukung motivasi belajar
siswa meliputi Harapan orang tua/wali dan harapan dari siswa broken home,
viii
kesadaran dari siswa serta adanya perhatian dari orang tua/wali. Dari hal-hal ini,
siswa mampu meningkatkan motivasi belajar mereka. Selain faktor pendukung,
ada juga faktor penghambat motivasi belajar siswa MTs Nurul Qomar Kergon
Pekalongan dalam keluarga broken home yaitu kurangnya perhatian dan kasih
sayang dari orang tua, sosial ekonomi keluarga dan keadaan fisiologis anak.
Semua itu bisa menghambat motivasi belajar siswa yang broken home
15SK1521259.00 | SK PAI 15.259 MUF m | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain