SKRIPSI PAI
Pengaruh Pergaulan Terhadap Kepribadian Peserta Didik Kelas VI MI Safi iyah Proto VI Kedungwuni Pekalongan
Anak pada usia madrasah ibtidaiyah lebih senang bergaul dengan teman-teman sebayanya, ingin jadi anak gaul yang diterima di dalam lingkungannya dan
mulai mencari identitas dirinya. Dalam proses pencarian jati diri ini, anak pada usia
madrasah ibtidaiyah membutuhkan kemandirian yang meliputi: perilaku mampu
berinisiatif, mampu mengatasi hambatan atau masalah, mempunyai rasa percaya diri
dan dapat melakukan sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain. Secara kejiwaan anak
pada usia madrasah ibtidaiyah mempunyai energi yang berpotensi menghasilkan
kecermelangan berfikir dalam menemukan ide dan inovasi baru yang penuh
kedinamisan. Namun potensi ini harus diimbangi dengan kejelasan arah dan tujuan
hidupnya.
Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana pergaulan
peserta didik kelas VI MI Salafiyah Syafi iyah Proto 02 Kedungwuni Pekalongan?
Bagaimana kepribadian peserta didik kelas VI MI Salafiyah Syafi iyah Proto 02
Kedungwuni Pekalongan? Apakah pergaulan berpengaruh terhadap kepribadian
peserta didik kelas VI MI Salafiyah Syafi iyah Proto 02 Kedungwuni Pekalongan?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pergaulan peserta didik kelas VI MI
Salafiyah Syafi iyah Proto 02 Kedungwuni Pekalongan, untuk mengetahui
kepribadian peserta didik kelas VI MI Salafiyah Syafi iyah Proto 02 Kedungwuni
Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh pergaulan terhadap kepribadian peserta
didik kelas VI MI Salafiyah Syafi iyah Proto 02 Kedungwuni Pekalongan. Penelitian
ini diharapkan dapat memperkaya wawasan dan wacana dalam pengetahuan ilmu
psikologi, khususnya dalam bidang psikologi perkembangan.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, dokumentasi, dan angket. Adapun
dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus regresi liniear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pergaulan peserta didik kelas
VI MI Salafiyah Syafi iyah Proto 02 Kedungwuni Pekalongan adalah baik. Kedua,
Kepribadian peserta didik kelas VI MI Salafiyah Syafi iyah Proto 02 Kedungwuni
Pekalongan adalah baik. Ketiga, Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara
pengaruh pergaulan terhadap kepribadian peserta didik kelas VI MI Salafiyah
Syafi iyah Proto 02 Kedungwuni Pekalongan. Setelah dilakukan perhitungan dengan
rumus regresi didapatkan hasil ttest
= 3,816 dengan N = 40. Pada tingkat signifikan
1% nilai t
tabel
= 2,704 maka ttest > ttabel
= 3,816 > 2,704. Sedangkan pada tingkat
signifikan 5% nilai t
tabel
= 2,021 maka ttest > ttabel
= 3,816 > 2,021, maka Ho ditolak
dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang
signifikan antara pergaulan terhadap kepribadian peserta didik kelas VI MI Salafiyah
Syafi iyah Proto 02 Kedungwuni Pekalongan. Maka hipotesis yang peneliti ajukan
dapat diterima kebenarannya.
15SK1521257.00 | SK PAI 15.257 KHO p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain