SKRIPSI PAI
Pengaruh Tadarus Al-Qur an Terhadap Minat Mengikuti Mata Pelajaran Al-Qur an Hadits Bagi Siswa Kelas VIII MTs Salafiyah Kalimas Randudongkal Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014
Kondisi jiwa manusia (peserta didik) yang tenang, tidak terganggu dan tidak
gelisah memungkinkan peserta didik untuk dapat lebih berkonsentrasi,
bersemangat apabila memikirkan sesuatu, termasuk meningkatkan minat dalam
belajar. Kurangnya minat menyebabkan kurangnya konsentrasi, perhatian dan
usaha belajar seseorang sehingga menghambat proses belajar. Dalam proses
belajar mengajar seorang pendidik tidak dapat lepas dari metode mengajar.
Pendidik hendaknya mengadakan pendekatan emosional dengan selalu berusaha
menumbuhkan dan memberi semangat peserta didiknya. Selain itu, Pendidik
dituntut untuk dapat membangkitkan minat belajar siswa dengan menggunakan
metode mengajar yang variatif dan inovatif. MTs Salafiyah Kalimas
Randudongkal Pemalang adalah salah satu Madrasah yang membiasakan tadarus
Al Quran sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM). Hal ini dilakukan untuk
meningkatkan minat belajar peserta didik khususnya minat mengikuti pelajaran Al
Quran Hadits.
Permasalahan dalam penelitian ini: (1) Bagaimana pelaksanaan tadarus Al
Quran, (2) Bagaimana minat siswa mengikuti mata pelajaran Al Quran Hadits,
dan (3) Bagaimana pengaruh tadarus Al Quran terhadap minat mengikuti mata
pelajaran Al Quran Hadits bagi siswa kelas VIII MTs Salafiyah Kalimas
Randudongkal Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Adapun tujuan penelitian
ini: (1) untuk mengetahui pelaksanaan tadarus Al Quran, (2) untuk mengetahui
minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran Al Quran Hadits, dan (3) untuk
mengetahui pengaruh tadarus Al Quran terhadap minat mengikuti mata pelajaran
Al Quran Hadits bagi Siswa Kelas VIII MTs Salafiyah Kalimas Randudongkal
Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Sedangkan manfaat dan kegunaan
penelitian ini ialah merupakan kontribusi wacana keilmuan dan khazanah
intelektual tentang tadarus Al Quran dan minat mengikuti mata pelajaran Al
Quran Hadits, sebagai bahan informasi bagi para peneliti yang hendak
mengadakan penelitian lebih lanjut, sumbangan pemikiran bagi Madrasah untuk
lebih meningkatkan serta memperhatikan pelaksanaan tadarus Al Quran dan minat
mengikuti mata pelajaran Al Quran Hadits, bahan renungan bagi para pendidik
bahwa mata pelajaran Al Quran Hadits dapat memanfaatkan tadarus Al Quran
untuk meningkatkan minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran Al Quran
Hadits dan tidak menutup kemungkinan dapat diterapkan pada mata pelajaran
yang lain disesuaikan dengan situasi dan kondisi.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang analisisnya
menekankan pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode
statistika. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)
yang mana penelitian ini dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya dengan
sampel penelitian diambil dari siswa berjumlah 40 orang, yaitu 25% dari populasi
sebesar 152 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random
sampling dengan dua variabel, yaitu tadarus Al Quran sebagai variabel bebas atau
independent (X) dan minat mengikuti mata pelajaran Al Quran Hadits sebagai
variabel terikat atau dependent (Y). Sedangkan pengumpulan data untuk kedua
variabel tersebut menggunakan angket, teknik korelasi, dan analisis regresi satu
prediktor dengan skor deviasi dengan menggunakan rumus y = a
x
atau Y-Y
= a
(X-
).
Dari penelitian ini diperoleh hasil yang disesuaikan dengan r
tabel
, pada taraf
signifikasi 1% (0,403) maupun 5% (0,312) dengan nilai koefisien korelasi
xy
r
=
0,576; dan analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi dengan
menggunakan rumus y = a
x
atau Y-Y
= a (X-
) diperoleh persamaan regresi Y=
0,683
x
+13,205. Hasil analisis data diperoleh Freg = 18,836 lebih besar dari Ftabel
baik pada taraf signifikasi 1% (7,31) maupun 5% (4,08). Kebenaran hasil analisis
di atas dibuktikan melalui Uji t dengan hasil T = 4,340 lebih besar dari t
tabel
, baik
pada taraf signifikan 5% (38) = 2,030 maupun 1% (38) = 2,724. Hasil ini dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh positif tadarus Al Quran terhadap minat
mengikuti mata pelajaran Al Quran Hadits bagi Siswa Kelas VIII MTs Salafiyah
Kalimas yang membuktikan hipotesis yang ada dapat diterima dan dapat
dibuktikan kebenarannya.
15SK1521245.00 | SK PAI 15.245 ARI p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain