SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Jam Belajar Tambahan Pada Mata Pelajaran Ujian Nasional [UN] Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX MTs Muhammadiyah Batang
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan jam belajar tambahan pada mata pelajaran ujian nasional [UN] bagi siswa kelas IX MTs Muhammadiyah Batang sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari sarana dan prasarana, manajemen pendidikan, media pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran yang dipakai dalam jam belajar tambahan. Hal ini juga dibuktikan dengan tingkat keberhasilan pelaksanaan Ujian Nasional [UN] MTs Muhammadiyah Batang yang mencapai 86,05%. Prestasi belajar siswa MTs Muhammadiyah Batang tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari data diketahui bahwa jumlah standar nilai Ujian Nasional [UN] bagi MTs Muhammadiyah Batang yakni 5,5. Nilai terendah Ujian Nasional [UN] sebesar 5,3 sedangkan nilai tertinggi Ujian Nasional [UN] sebesar 7,1. Jumlah siswa kelas IX MTs Muhammadiyah Batang yang lulus Ujian Nasional [UN] sebanyak 37 siswa, sedangkan siswa yang tidak lulus Ujian Nasional [UN] sebanyak 6 siswa. Tingkat Keberhasilan Ujian Nasional di MTs Muhammadiyah Batang mencapai 86,05%. Faktor yang mendukung pelaksanaan jam belajar tambahan di MTs Muhammadiyah Batang, antara lain : adanya evaluasi dalam setiap pembelajaran jam tambahan, adanya pengajar yang profesional, adanya sarana belajar yang lengkap, jumlah siswa yang tidak over atau berlebihan dalam satu kelas, iklim belajar yang mendukung. Sedangkan faktor yang menghambat antara lain : standar kelulusan yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan [BSNP] mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahunnya, kesadaran siswa yang kurang maksimal, serta pengaruh lingkungan.
01SK019221.00 | SK PAI12.192 FAI p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain