SKRIPSI EKOS
Pengaruh Pengetahuan Anggota / Calon Anggota Tentang Produk Syariah Terhadap Minat Bertransaksi Di Koperasi Simpan Pinjam [Kospin] Jasa Unit Syariah Kota Pekalongan
Pengetahuan anggota/calon anggota adalah semua informasi yang dimiliki anggota/calon anggota mengenai berbagai macam produk / jasa yang meliputi pengetahuan atribut, manfaat, dan nilai kepuasan produk. Pengetahuan anggota / calon anggota juga merupakan salah satu faktor dalam unsur psikologis yang mempengaruhi keputusan anggota/calon anggota. Pengetahuan anggota/calon anggota merupakan salah satu faktor dalam unsur psikologis yang akan mempengaruhi anggota/calon anggota untuk bertransaksi. Dalam skripsi ini, jenis pendekatannya menggunakan pendekatan kuantitatif dan yang menjadi objek penelitian ini adalah pengetahuan anggota/calon anggota Kospin Jasa Unit Syariah tentang produk syariah dan pengaruhnya terhadap minat bertransaksi. Sumber data yang diperoleh penulis adalah sumber data primer dan sekunder. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode kuesioner / angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif dan uji regresi sederhana dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini adalah bahwa nilai rata-rata pengetahuan anggota/calon anggota Kospin Jasa Unit Syariah tentang produk syariah sebesar 59,33%. Dari tabel Coefficients diketahui besarnya nilai koefisien konstanta [a] pada kolom B adalah 24,897 dengan t hitung sebesar 2,909, dan nilai Sig sebesar 0,005. Koefisien slope atribut produk adalah 0,260 dengan t hitung sebesar 0,911 dan nilai Sig sebesar 0,364, untuk nilai koefisien slope manfaat produk adalah 1,170 dengan t hitung sebesar 5,287 dan nilai Sig sebesar 0,000, dan koefisien slope nilai kepuasan produk adalah 1,157 dengan t hitung sebesar 2,277 dan nilai Sig sebesar 0,025. Nilai t tabel untuk uji ini adalah sebesar 1,66 yang diperoleh dengan alpha 5% dan df sebesar 97 [n-3]. Jika dibandigkan nilai t hitung koefisien konstanta dengan t tabel, terlihat bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel, dan nilai Sig yang lebih kecil daripada alpha 0,05 [Sig. < 0,05] yang berarti menolak Ho sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel minat bertransaksi. Dari tampilan output SPSS model summary besarnya adjusted R2 adalah 0.392, hal ini berarti 39,2% variasi minat bertransaksi dapat dijelaskan oleh variasi ketiga variabel independen atribut produk, manfaat produk dan nilai kepuasan produk. Sedangkan sisanya disebabkan oleh variabel lain di luar model.
00SK001913.00 | SK ES12.019 LAK p C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain