Skripsi
Implementasi Pendekatan ilmiah ( Scientific Approach Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VII SMP Negeri I Wiradesa tahun ajaran 2013-2014)
Dalam dunia pendidikan, kurikulum merupakan hal inti dari sebuah
pendidikan. Oleh karena itu para stakeholder di bidang pendidikan berusaha
menyempurnakan sebah kurikulum dari waktu ke waktu. Dan kini sampailah pada
penetapan kurikulum baru yang disebut dengan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013
merupakan sebuah kurikulum yang menggunakan pendekatan ilmiah (Scientific
Approach) dalam pembelajarannya. Sesuai kebijakan pemerintah yang pada tahun
ajaran 2013/2014 ini ada beberapa sekolah yang telah mengimplementasikan
Kurikulum 2013.
Dari pemikiran di atas maka penulis merumuskan beberapa masalah yaitu:
Bagaimana implementasi pendekatan ilmiah (scientific approach) pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP N 1
Wiradesa Kabupaten Pekalongan, dan apa sajakah faktor pendukung dan
penghambat dalam implementasi pendekatan ilmiah (scientific approach) pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP N 1
Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui
implementasi pendekatan ilmiah (scientific approach) pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP N 1 Wiradesa
Kabupaten Pekalongan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam
implementasi pendekatan ilmiah (scientific approach) pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII di SMP N 1 Wiradesa
Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini mengunakan pendekatan Kualitatif. Pendekatan kualitatif
adalah pendekatan yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan
deduktif serta pada analisis terdapat dinamika hubungan antar fenomena yang di
amati dengan menggunakana logika ilmiah. Dan objek penelitiannya adalah
seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2013/2014 di SMP Negeri 1 Wiradesa yang
berjumlah 292 siswa. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan
metode observasi, interview, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui Implementasi
pendekatan ilmiah (scientific approach) pada pembelajaran pendidikan agama dan
budi pekerti pada pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti kelas VII
SMP Negeri 1 Wiradesa dari segi kriteria, langkah-langkah pembelajaran, jejaring
pembelajaran, dan model pembelajaran masih sangat sederhana. Dan ada beberapa
faktor pendukung dan penghambat yang perlu disikapi dengan baik sehingga
implementasi pendekatan ilmiah ini dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan
tuntutan pembuat kebijakan.
15SK1521093.00 | SK PAI 15.093 MUT i | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain