Skripsi
Penerapan Metode Halaqoh Dalam Pembelajaran BTQ Pada Siswa Kelas V di SDN 04 Wonokerto Kabupaten Pekalongan
Pembimbing Dr. Slamet Untung, M.Ag.
Lembaga pendidikan merupakan salah satu wadah bagi anak untuk belajar memperoleh pengetahuan dan mengembangkan berbagai kemampuan dan keterampilan. Oleh karena itu, pengajaran di sekolah adalah salah satu usaha yang bersifat sadar, bertujuan, sistematis dan terarah pada perubahan tingkah laku atau sikap. Perubahan tingkah laku itu dapat terjadi, manakala proses pengajaran terjadi di sekolah. Agama Islam sebagai pedoman hidup kaum muslim tentunya tidak hanya mengatur hubungan hamba dengan Tuhannya saja, tetapi juga menyangkut keseluruhan aspek kehidupan manusia, diantaranya adalah pendidikan. Mengingat begitu pentingnya kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa, maka diperlukan adanya kesadaran dari pengelola sekolah, untuk memberikan bimbingan khusus kepada siswa-siswinya agar menguasai baca-tulis al-Qur’an. Karena dengan kemampuan membaca al-Qur’an tersebut, akan berpengaruh dalam pengamalan ajaran Islam yang dianutnya. Berdasarkan uraian di atas maka penulis mengangkat judul tentang Metode pembelajaran BTQ.
Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana pembelajaran BTQ pada siswa kelas V di SDN 04 Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Bagaimana penerapan metode halaqah dalam pembelajaran BTQ di SDN 04 Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan metode halaqah dalam pembelajaran BTQ di SDN 04 Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Tujuan yang hendak dicapai oleh penulis adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode halaqah dalam pembelajaran BTQ pada siswa kelas V di SD tersebut. Kegunaan penelitian ini adalah untuk menambah wacana bagi penulis khususnya dan bagi orang yang membacanya.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik yang digunakan adalah analisis data yang menggunakan sumber primer dan sekunder, dengan metode observasi, interview, wawancara. Teknik analisis data ini menggunakan teknik analisa berpikir induktif yaitu dengan menganalisis fakta-fakta di sekolah yang bersifat khusus kemudian ditarik generalisasi-generalisasi yang bersifat umum.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode halaqah dalam pembelajaran BTQ pada siswa kelas V di SD Negeri 04 Wonokerto sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar BTQ yang signifikan. Metode ini memberikan pengaruh positif bagi siswa dan guru pengajar BTQ. Siswa lebih antusias dan dapat fokus belajar di kelas. Sedangkan bagi guru dapat mengasah kemampuan lebih bagus dan menggali kreatifitas yang lebih dalam.
15SK1521086.00 | SK PAI 15.086 TAI p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain