Skripsi
Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Didik (Studi Kasus di SDIT Ulul Albab Pekalongan)
Kecerdasan intrapersonal menunjukan kemampuan seseorang untuk peka terhadap perasaan dirinya sendiri. Ia cenderung mampu memahami kekuatan maupun kelemahan yang ada pada dirinya sendiri. Kemampuan inteligensi intrapersonal benar-benar penting bagi perkembangan keberhasilan siswa, akan menjadi manusia yang meningkat etikanya, produktif dan kreatif, yang keduanya independen dan kolaboratif. Guru PAI merupakan seorang pendidik yang mengajarkan pendidikan agama islam berkontribusi dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak didik, yang mana PAI sebagai pendidikan yang mengajarkan penanaman nilai-nilai, akhlak, sikap, dan karakter luhur adalah wujud dari kecerdasan intrapersonal.
Permasalahan pokok yang ingin dijawab dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak didik di SDIT Ulul Albab Pekalongan? Dan faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung pengembangan kecerdasan intrapersonal anak didik di SDIT Ulul Albab Pekalongan?. Skripsi ini diharapkan dapat berguna secara teoritis dan secara praktis bagi pihak-pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan mengenai pengembangan kecerdasan intrapersonal yang nantinya diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Miles and Huberman.
Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Didik di SDIT Ulul Albab Pekalongan adalah melalui proses pembelajaran PAI oleh guru PAI dengan strategi pembiasaan, mengarahkan dan mengajarkan secara lisan, melalui kegiatan tilawah atau MTQ, pemberian tugas berupa catatan harian kegiatan siswa dan pengecekan ibadah siswa, pengadaan persiapan, penggunaan metode pembelajaran, pendekatan kepada siswa, melaksanakan evaluasi, pemberian reward, serta pelaksanaan program-program sekolah seperti mabit atau bermalam di sekolah dan puasa sunnah bersama. Faktor yang mendukung pengembangan kecerdasan intrapersonal anak didik di SDIT Ulul Albab Pekalongan adalah orangtua, guru, sarana dan prasarana, serta program-program sekolah yakni CB (Character Building), puasa sunah bersama, mabit atau bermalam di sekolah, dan super camp. Faktor-faktor yang menghambat pengembangan kecerdasan intrapersonal anak didik adalah karakter siswa yang berbeda-beda dan pemilihan strategi yang tidak tepat.
15SK1521084.00 | SK PAI 15.084 PUS s | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain