SKRIPSI PBA
Telaah Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Salaf Al-Arifiyah Kebulen Pekalongan dan Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albab Tegal(Studi Perbandingan Pondok Pesantren Tradisional dan Pondok Pesantren Modern)
Kurikulum atau rancangan merupakan suatu ciri utama dan merupakan
syarat mutlak dalam pendidikan. Kurikulum merupakan salah satu instrumen dari
suatu lembaga pendidikan, termasuk pendidikan pesantren. kurikulum merupakan
syarat mutlak bagi pendidikan. Jika kurikulum merupakan syarat mutlak, berarti
kurikulum merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan. Komponen
dalam kurikulum diantaranya: Tujuan, Materi, Metode, Media, Evaluasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kurikulum
Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tradisional, mendeskripsikan
bagaimana kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern,
mendeskripsikan persamaan dan perbedaan kurikulum pembelajaran bahasa Arab
di Pondok Pesantren tradisional dan modern. Metode Penelitian ini menggunaan
pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Tehnik
pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data
primer dan sekunder. Jenis analisis data yang digunakan yaitu deksriptif induktif.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sistem Kurikulum Pondok
Pesantren Salaf menggunakan sistem pendidikan agama. Sedangkan Sistem
Kurikulum Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal, secara
keseluruhan menggunakan perpaduan dua sistem, sistem pendidikan agama
dengan mengacu pada Kurikulum Pondok Modern Gontor, dan sistem pendidikan
umum yang mengacu pada Kurikulum pendidikan Nasional. Masing-masing
pondok pesantren salaf dan modern mempunyai komponen penting yang harus
ada yaitu adanya tujuan, materi, metode, media dan evaluasi. Persamaan pada
kedua pondok yaitu PPS Al Arifiyah Pekalongan dan PPM Daaru Ulil Albaab
Tegal mempunyai satu tujuan umum yaitu sama-sama membangun karakter insan
yang mengetahui, mengerti dan memahami agama Islam selain itu juga pada
aspek bahasa Arab baik bahasa Arab yang bersifat teori ataupun praktiknya.
Sedangkan perbedaannya yaitu pada tujuan akhir pembelajaran bahasa Arab PPS
Al Arifiyah Pekalongan berorientasi dalam mempelajari al qur’ān dan membaca
kitab dan PPM Daaru Ulil Albaab Tegal lebih memfokuskan peranan bahasa Arab
sebagai bahasa komunikatif. Pembelajaran bahasa Arab di PPS Al Arifiyah
menggunakan metode tata bahasa dan terjemah (qawā’id tarjamah). Sedangkan
PPM Daaru Ulil Albaab Tegal menggunakan metode langsung (taṭ riqah almubasyirah/
direct method).
15SK152233.00 | SK PBA 15.033 QUL t | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain