Skripsi
Korelasi Antara Presepsi Siswa Terhadap Profesionalitas Guru Dengan Keaktivan Siswa Kelas VI Dalam Belajar di MIN Kedungwuni Pekalongan
Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya yang dilakukan seorang guru untuk mengarahkan anak didik ke dalam proses belajar sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Pembelajaran hendaknya memperhatikan kondisi individu anak karena merekalah yang akan belajar. Anak didik merupakan individu yang berbeda satu sama lain, memiliki keunikan masing-masing yang tidak sama dengan orang lain. Oleh karena itu pembelajaran hendaknya memperhatikan perbedaan-perbedaan individual anak. Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VI MIN Kedungwuni Pekalongan adalah hasil belajar yang kurang maksimal dari keseluruhan siswa. Hal ini disebabkan karena faktor dalam pembelajaran yaitu terlalu banyak materi yang diberikan, sehingga siswa kurang bersemangat untuk belajar yang akhirnya berdampak pada rendahnya keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Atas dasar pemikiran di atas maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana persepsi siswa kelas VI terhadap profesionalitas guru di MIN Kedungwuni Pekalongan, bagaimana keaktifan siswa kelas VI dalam belajar di MIN Kedungwuni Pekalongan, dan apakah terdapat korelasi antara persepsi siswa terhadap profesionalitas guru dengan keaktifan siswa kelas VI dalam belajar di MIN Kedungwuni Pekalongan. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap profesionalitas guru, untuk mengetahui tingkat keaktifan siswa kelas VI dalam belajar, untuk membuktikan apakah ada korelasi antara persepsi siswa terhadap profesionalitas guru dengan keaktifan siswa dalam belajar di MIN Kedungwuni Pekalongan. Adapun kegunaan skripsi ini adalah sebagai kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya usaha yang dilakukan pendidikan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat menambah kepustakaan yang berupa hasil penelitian dengan harapan dapat disajikan sebagai acuan karya tulis ilmiah yang akan datang
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif di MIN Kedungwuni Pekalongan, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penulis mengambil sampel dari siswa kelas VI sebanyak 40 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Persepsi siswa terhdap profesionalitas guru) dan variabel Y (keaktifan siswa). Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan skunder, dan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan pembuktian nilai product moment.
Setelah penelitian ini dianalisis maka dapat diketahui hasilnya sebagai berikut: menunjukan bahwa persepsi siswa terhadap profesionalitas guru termasuk dalam kategori baik pada interval 62. Sedangkan keaktifan siswa dalam kategori baik pada interval 61. Kemudian dari hasil analisis hipotesis (uji r-hitung) sehingga dapat diketahui bahwa terdapat korelasi positif yang kuat atau tinggi antara persepsi siswa terhadap profesionalitas guru dengan keaktifan siswa kelas VI dalam belajar di MIN Kedungwuni Pekalongan. Hal ini dapat dilihat pada taraf
viii
signifikasi 5%, nilai rhitung = 0,806>rtabel = 0,320. Demikian pula pada taraf signifikasi 1%, rhitung = 0,806>rtabel = 0,413 sehingga hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang kuat atau tinggi antara persepsi siswa terhadap profesionalitas guru dengan keaktifan siswa kelas VI dalam belajar di MIN Kedungwuni Pekalongan.
.
15SK1521077.00 | SK PAI 15.077 BUR k | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain