Skripsi
Peran Keterampilan Pengelolaan Kelas Guru Dalam Pembelajaran PAI di Kelas VIII MTs IN Banyuurip Pekalongan
Pengelolaan kelas yang baik sangat penting bagi terciptanya kondisi kelas yang kondusif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Kaitannya dengan pembelajaran PAI, karena pembelajaran PAI di MTs IN Banyurip Pekalongan meliputi empat mata pelajaran terpisah, yaitu: Fiqih, Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, dan Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI). Mata pelajaran tersebut diajar oleh guru yang berbeda, cara pengelolaan kelas yang dilakukan tiap guru pun berbeda. sehingga dalam satu kelas tanggapan siswa terhadap keempat mata pelajaran tersebut pun akan berbeda tergantung dari bagaimana cara guru mengelola kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pembelajaran PAI, bagaimana keterampilan pengelolaan kelas guru, dan bagaimana peran keterampilan pengelolaan kelas guru dalam pembelajaran PAI di kelas VIII MTs IN Banyurip Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran PAI, untuk mendeskripsikan keterampilan pengelolaan kelas guru, dan untuk mendeskripsikan peran keterampilan pengelolaan kelas guru dalam pembelajaran PAI di kelas VIII MTs IN Banyurip Pekalongan. Kegunaan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah secara teoritis dan praktis. Secara teoritis diantaranya: dapat menambah pengetahuan bagi guru khususnya bagi peneliti mengenai keterampilan pengelolaan kelas yang baik dalam proses pembelajaran. Secara praktis diantaranya: dapat dijadikan sebagai pedoman bagi guru dalam pengelolaan kelas dan mengembangkan proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal, dapat dijadikan bahan evaluasi bagi guru untuk lebih meningkatkan keterampilan pengelolaan kelasnya karena sangat penting dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview /wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran PAI di kelas VIII MTs IN Banyurip Pekalongan dapat dilihat dari tiga hal, yaitu: kurikulum, metode, dan evaluasi. Kurikulum PAI di MTs IN Banyurip Pekalongan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan struktur kurikulum mata pelajaran PAI dibagi menjadi empat mata pelajaran terpisah, yaitu: Fiqih, Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI). Metode pembelajaran yang digunakan antara lain: metode ceramah, resitasi (penugasan), diskusi, tanya jawab, demonstrasi, role playing (sosiodrama), dan
viii
hafalan. Evaluasi yang digunakan meliputi tiga ranah, yaitu: kognitif, afektif, psikomotorik. Guru PAI di kelas VIII MTs IN Banyurip Pekalongan memiliki keterampilan pengelolaan kelas yang baik, karena dalam pembelajaran mereka menggunakan metode yang bervariasi serta menggunakan media LCD sehingga pembelajaran tidak monoton, mampu mengembalikan suasana menjadi kondusif jika terjadi gangguan dengan cara masing-masing, dan menyelingi kegiatan pembelajaran dengan humor agar tidak membosankan. Peran keterampilan pengelolaan kelas guru dalam pembelajaran PAI di kelas VIII MTs IN Banyurip Pekalongan antara lain: dapat membantu meningkatkan keaktifan siswa di kelas VIII MTs IN Banyurip Pekalongan, guru dapat secara langsung membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar, dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa karena guru di MTs IN memiliki keterampilan pengelolaan kelas yang baik, sehingga dapat membantu meningkatkan daya serap siswa, tujuan pembelajaran dapat tercapai karena guru PAI di MTs IN dapat mengkondisikan kelas dengan baik.
15SK1521076.00 | SK PAI 15.076 RES p | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain