Skripsi
Upaya Guru Dalam Menstimulasi Perkembangan Keagamaan Anak Usia Dini Melalui Pembinaan aqidah di SPS Miftahul Ulum Pekalongan
Pendidikan agama harus diberikan sejak dini kepada setiap anak, karena bila tidak demikian, sukarlah baginya untuk menerimanya pada saat mereka dewasa. Hal ini mendorong mereka untuk melakukan sesuatu menurut dorongan dan keinginan jiwanya tanpa memperdulikan kepentingan dan hak orang lain. Keinginan dan kebutuhannya tidak mengenal batas-batas hukum dan norma.
Dari uraian di atas maka penulis merumuskan masalah dalam skripsi ini tentang Bagaimana upaya guru dalam menstimulasi perkembangan keagamaan anak melalui pembinaan aqidah di SPS Miftahul Ulum Pekajangan dan Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menstimulasi perkembangan keagamaan anak melalui pembinaan aqidah di SPS Miftahul Ulum Pekajangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam menstimulasi perkembangan keagamaan anak melalui pembinaan aqidah di SPS Miftahul Ulum Pekajangan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat menstimulasi perkembangan keagamaan anak melalui pembinaan aqidah di SPS Miftahul Ulum Pekajangan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research, karena yang diteliti adalah sesuai yang ada di lapangan secara langsung.Pendekatan yang digunakan, pendekatan kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu :observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data.
Setelah dilakukan analisis, maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini adalah : Pertama, Upaya yang dilakukan guru SPS Miftahul Ulum Pekajangan dalam menstimulasi perkembangan keagamaan anak melalui pembinaan aqidah, meliputi, menanamkan rasa cinta anak kepada Allah, membiasakan anak untuk membaca Al Quran, menanamkan cinta anak kepada Nabi dan Malaikat, membiasakan anak berdoa dan beribadah serta membiasakan anak dengan lagu-lagu keagamaan. Kedua, Faktor pendukung upaya guru SPS Miftahul Ulum Pekajangan dalam menstimulasi perkembangan keagamaan anak melalui pembinaan aqidah meliputi, penggunaan berbagai metode, mengajari anak berbagai kebiasaan positif, menggunakan alat bantu atau media dalam proses pembelajaran, pemberian hadiah, pujian pada anak, penyampaian materi dengan lagu, dan guru memanfaatkan alam sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah, persaingan anak saat bermain, perbedaan sifat anak yang perlu dipahami guru, kurangnya sarana dan prasarana di SPS serta kurangnya kesadaran orang tua.
15SK1521075.00 | SK PAI 15.075 NOV u | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain