SKRIPSI PAI
Peran Tata Tertib Pondok Pesantren Dalam Pembinaan Keperibadian Muslim Santri Pondok Pesantren Al-masyhad Mambaul Falah Sampangan Pekalongan
Dalam suatu lembaga pendidikan, tata tertib merupakan hal yang harus ada dan dijalankan. Karena tata tertib dapat mengatur tatanan lembaga pendidikan tersebut menjadi lebih baik dan kondusif. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang lebih menekankan aspek keagamaan dalam pembinaan para santrinya. Yang mana memiliki kepribadian muslim yang baik/akhlakul karimah merupakan tujuan akhir yang hendak dicapai. Maka dari itu untuk mencapai kepribadian muslim yang baik perlu adanya tata tertib pondok pesantren yang diterapkan. Dengan cara seperti inilah keadaan pesantren akan berjalan dengan baik dan kondusif. Perlu adanya langkah yang seimbang antara pengasuh, ustad dan para santri pondok pesantren untuk melaksanakan tata tertib pondok pesantren guna mencapai tujuan akhir yaitu mencetak kepribadian muslim santri pondok pesantren yang berakhlakul karimah. Atas dasar pemikiran di atas maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan tata tertib yang diterapkan di Pondok Pesantren Al-Masyhad Mamba’ul Fallah Sampangan Pekalongan, bagaimana kepribadian muslim santri Pondok Pesantren Al-Masyhad Mamba’ul Fallah Sampangan Pekalongan dan bagaimana peran tata tertib pondok pesantren dalam pembinaan kepribadian muslim santri Pondok Pesantren Al-Masyhad Mamba’ul Fallah Sampangan Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tata tertib, kepribadian muslim dan peran tata tertib dalam pembinaan kepribadian muslim. Penelitian ini menggunakan metode field research (Studi Lapangan), jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Wujud data dalam penelitian ini adalah data-data tentang Peran Tata Tertib dalam Pembinaan Kepribadian Muslim Santri Pondok Pesantren Al-Masyhad Mamba’ul Fallah Sampangan Pekalongan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan metode deskriptif dan induktif. Setelah penelitian ini dianalisis maka dapat disimpulkan bahwa tata tertib pondok pesantren memiliki peran yang baik dalam pembinaan kepribadian muslim santri pondok pesantren Al-Masyhad Mamba’ul Fallah Sampangan Pekalongan. Selain Perlu adanya pembiasaan dari para santri dalam melaksanakan tata tertib pondok pesantren dan kerja sama yang baik antar pengasuh untuk mengawasi jalannya tata tertib pondok pesantren
15SK1521069.00 | SK PAI 15.069 IRW p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain