Thesis
Pendidikan Ekologi Perspektif Islam
Kata kunci: pendidikan ekologi dan Islam
Penulisan ini dilatarbelakangi oleh krisis ekologi yang telah berdampak secara menyeluruh dan telah mengancam sendi-sendi ekosistem. Persoalan ini tidak hanya menjadi tanggungjawab negara, melainkan dunia pendidikan juga memiliki tanggungjawab dan peran dalam mengajak dan mendidik masyarakat untuk melestarikan dan dan menjaga keseimbangan alam. Islam sebagai sumber rujukan pendidikan Islam yang memiliki seperangkat norma tentang bagaimana seharusnya manusia sebagai khalifah dan alam sebagai relasinya, belum dieksplor secara utuh dalam konteks memberikan kajian yang lengkap tentang problem-problem ekologi secara integral. Pendidikan ekologi dalam perspektif Islam, memiliki orientasi duniawi dan ukhrawi secara integral sekaligus memiliki fungsi strategis dalam mengambil peran sebagai lembaga paling efektif untuk mempengaruhi dan mendidik generasi agar memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap alam dengan pemahaman nilai-nilai pendidikan Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana ruang lingkup pendidikan ekologi dan bagimana pendidikan ekologi dalam perspektif Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ruang lingkup kajian pendidikan ekologi dan mengetahui pandangan Islam terhadap pendidikan ekologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Artinya data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui studi pustaka dengan mengambil dari berbagai sumber dan literatur yang terkait dengan rumusan masalah. Untuk memperoleh hasil penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya dalam pengambilan kesimpulan, analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis), yaitu menganalisis makna dan kandungan yang ada pada pokok bahasan isu-isu pendidikan ekologi yang terkandung di dalam literatur.
Hasil penelitian ini adalah, Islam merupakan agama yang di dalam ajarannya mengandung nilai-nilai pokok teosentris, antroposentris sekaligus ekosentris dan multi dimensi fiqih (syariat), dimensi aqidah (teologi), dimensi akhlak (muamalah), dan dimensi tasawuf (nilai-nilai fundamental bathiniyah). Al Quran dan sunnah sebagai kacamata Islam yang sejatinya diperuntukan sebagai petunjuk bagi manusia, sudah semestinya isi kandungannya tidak hanya berhenti pada dimensi teosentris, melainkan di dalamnya mengandung wawasan tentang bagaimana mengolah sumber daya alam yang melimpah ini. Itu artinya, Islam sebagai agama tidak hanya sebagai agama yang dipahami dan dipraktekan sebagai kumpulan ritual-vertikal. Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, pendidikan ekologi dalam perspektif Islam idealnya mampu merubah paradigma masyarakat dari pola pikir eksploitatif terhadap alam menuju pola pikir eksploratif.
15TS154008.00 | TS 154008 NUR p | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain