Thesis
Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Pembiasaan Keagamaan Di MIN Bantarbolang Pemalang
Kata Kunci : Akhlak, Pembiasaan Keagamaan
Akhlak merupakan pondasi yang utama dalam pembentukan pribadi manusia seutuhnya. Pendidikan yang mengarah pada terbentuknya pribadi yang berakhlak, merupakan hal pertama yang harus dilakukan. Pendidikan Agama di sekolah adalah satu cara yang ditempuh untuk mendidik dan membina akhlak mulia pada siswa, agar sesuai dengan perkembangan jiwa mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan akhlak siswa melalui pembiasaan keagamaan di MIN Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Tesis ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bantarbolang Kabupaten Pemalang. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang telah terkumpul selanjutnya diambil kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa dalam pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan pada keagamaan dinilai sangat tepat, karena dalam pembinaan akhlak siswa melalui pembiasaan siswa dibiasakan untuk berfikir dan bersikap sesuai dengan ajaran agama Islam serta mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam dengan baik dan benar. Pembinaan akhlak melalui metode pembiasaan sangat tepat diterapkan pada siswa usia Madrasah Ibtidaiyah, karena pada usia ini siswa tumbuh dan berkembang menjadi mumayyiz (bisa membedakan), mulai bisa menalar, memahami dan mengetahui, sementara fitrahnya masih tetap suci dan beban pikirannya belum seberat beban pikiran yang menggelayuti kaum remaja dan orang dewasa. Oleh karena itu, pembiasaan yang baik perlu diterapkan agar kelak bisa menjadi kebiasaannya di waktu dewasa.
Pembinaan akhlak siswa melalui pembiasaan keagamaan di MIN Bantarbolang Kabupaten Pemalang meliputi: pembiasaan dalam akhlak, bentuk-bentuk pembiasaan dan faktor yang mendukung dan menghambat pembinaan akhlak melalui pembiasaan keagamaan. Pembinaan akhlak siswa melalui pembiasaan keagamaan di MIN Bantarbolang Kabupaten Pemalang sudah sangat baik, namun masih perlu ditingkatkan guna memperbaiki kekurangan yang ada.
Hasil penelitian menunjukan pembinaan akhlak melalui metode pembiasaan bagi siswa terbagi menjadi 2 yaitu pembiasaan disiplin dan pembisaan kepedulian sosial. Hasil pembinaan akhlak siswa melalui metode pembiasaan sudah cukup baik yaitu siswa mengalami perubahan yang positif, sedangkan pembiasaan kepedulian sosial yaitu siswa dapat meningkatkan keihklasan salah satunya melalui amal jariyah.
15TS154007.00 | TS 154007 MUY p | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain