Thesis
Pendidikan Karakter ( Kajian Perbandingan Antara Pemikiran Al-Ghozali dan Thomas Lickona )
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pemikiran al-Ghozali, Pemikiran Thomas Lickona
Latar belakang penulisan Tesis ini adalah Pendidikan karakter merupakan suatu yang mendesak dan penting, berbagai tindakan negatif yang tidak mengenal usia secara estafet terus melanda bangsa Indonesia. Pengaruh globalisasi telah mewabah disemua sendi kehidupan yang harus difilter dengan baik sehingga tidak berimplikasi negatif terhadap generasi bangsa. Oleh karena itu tantangan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan tangguh semakin berat. Pendidikan dewasa ini tidak hanya berhenti pada pemberian pengetahuan saja akan tetapi harus mampu membangun keyakinan kuat serta karakter yang baik sehingga terarah pada pengembangan potensi diri dan penemuan jatidiri dalam mengantarkan kehidupan dimasyarakat dan masa depan. Iklim perkembangan sosial yang terus berubah dan bergerak secara signifikan menjadi tantangan serius bagi masa depan generasi bangsa. Dalam hal ini, banyak sekali para pemikir pendidikan baik yang klasik maupun yang modern memberikan pemikirannya tentang pendidikan karakter dalam mengatasi problem-problem tersebut diantaranya al-Ghozali dari pemikir Timur dan Thomas Lickona dari pemikir Barat, maka dari itu tesis ini mengkaji antara pemikiran al-Ghozali dan Thomas Lickona tentang pendidikan karakter untuk mengetahui pemikiran mereka dalam pendidikan karakter yang dapat dikolaborasikan untuk memecahkan problem-problem tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbandingan pemikiran al-Ghozali dan Tomas Lickona dalam konsep pendidikan karakter ? bagaimana perbandingan pemikiran al-Ghozali dan Thomas Lickona dalam komponen-komponen karakter untuk membentuk karakter yang mulia kepada siswa ? apa persamaan dan perbedaan pemikiran al-Ghozali dan Thomas Lickona dalam pendidikan karakter ? tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pemikiran al-Ghozali dan Thomas Lickona dalam konsep pendidikan karakter, unsur-unsur karakter dan untuk mengetahui persamaan dan perbedaan pemikiran al-Ghozali dan Thomas Lickona dalam pendidikan karakter . Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reseach), analisis penelitian ini menggunakan analisis isi ( content analysis ). dengan sumber data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan dengan metode dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah konsep pendidikan karakter menurut al-Ghozali bersumber pada akal, kesadaran jiwa dan isyarat agama, maka dari itu pendidikan karakter menurut al-Ghozali berbasis agama dan menurut Thomas Lickona bersumber pada akal, kesadaran jiwa, dan isyarat budaya, maka dari itu pendidikan karakter menurut Thomas Lickona berbasis budaya, komponen-komponen karakter menurut al-Ghozali terdiri dari pengetahuan, kemampuan, kecenderungan jiwa dan praktek, sedangkan menurut Thomas Lickona terdiri dari pengetahuan moral (Moral knowing), sikap moral (moral feeling), perilaku moral (moral behavior), persamaan pemikiran al-Ghozali dan Thomas Lickona dalam komponen-komponen karakter, hubungan antara sekolah, keluarga dan lingkungan dalam membentuk pendidikan, dan metode-metode pembelajaran karakter, adapun perbedaan pemikiran al-Ghozali dan Thomas Lickona adalah dalam sumber pendidikan karakter dan tujuan pendidikan karakter.
15TS154005.00 | TS 154005 CAS p | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain