Thesis
Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Amaliyah Nahdlatul Ulama (Studi Kasus di SMK Ma'arif NU Tirto Kabupaten Pekalongan)
Kondisi karakter di Indonesia saat ini mengalami penurunan, hal ini ditunjukkan adanya beberapa kasus yaitu kebiasaan korupsi yang sulit diberantas, lemahnya disiplin, melemahnya nasionalisme, menurunnya kemampuan untuk menerima dan menghargai perbedaan, kurangnya rasa kepedulian, serta adanya kesenjangan antara yang diketahui dan yang dilakukan. Dengan memperhatikan kondisi moral bangsa Indonesia tersebut, Indonesia membutuhkan formula untuk memperbaiki moral bangsa Indonesia melalui pendidikan karakter dan tradisi amaliyah NU dapat menjadi salah satu alternatif strategi pembentukan karakter bangsa. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti bagaimana metode pelaksanaan tradisi amaliyah NU yang diterapkan di SMK Maarif NU Tirto yang sebagian besar siswanya adalah alumni MTs NU yang juga melaksanakan tradisi amaliyah NU, Karakter apa saja yang dapat terbentuk melalui tradisi amaliyah NU serta mencari informasi tentang faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter berbasis tradisi amaliyah NU di SMK Maarif NU Tirto.Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, di SMK Maarif NU Tirto, metode yang digunakan adalah metode mengajarkan, keteladanan, menentukan prioritas, praksis prioritas dan refleksi. Metode tersebut dapat mengendalikan perilaku peserta didik. Tradisi amaliah NU yang dilaksanakan di SMK Maarif NU Tirto dapat membentuk karakter yang ditargetkan oleh pemerintah, yaitu karakter religius, bersahabat, cinta damai, toleransi, gemar membaca dan rasa ingin tahu
Faktor yang mendukung dalam pendidikan karakter berbasis amaliyah NU ini adalah Kebijakan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah untuk mendukung kegiatan tradisi amaliyah NU, komitmen guru PAI untuk selalu menciptakan lingkungan sekolah yang berkarakter dan Antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan tradisi amaliyah NU. Adapun faktor penghambatnya adalah ada kebijakan kepala sekolah yang belum dapat dilaksanakan yaitu membuat buku panduan pendidikan karakter yang berisi dzikir dan do’a amalah Nahdliyin dan indikator karakter yang harus dilaksanakan oleh warga sekolah terutama peserta didik.
15TS154002.00 | TS 154002 IST p | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain