SKRIPSI PAI
Implementasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Nilai Di Pantai Asuhan Roudlotul Mahbubin Kalipucang Batang
Strategi pembelajaran pendidikan nilai merupakan salah satu pembelajaran
penting dalam mencapai keberhasilan belajar. Implementasinya sangat penting dalam
mengantarkan peserta didik menjadi yang terbaik. Namun konsep peserta didik
mengenai pembelajaran pendidikan nilai di Panti Asuhan Roudlotul Mahbubin masih
belum jelas. Hal ini terbukti dengan masih adanya peserta didik yang belum mempunyai
kesadaran untuk menerapkan pendidikan nilai dalam kehidupan di lingkungan Sekolah
maupun lingkungan Panti Asuhan Roudlotul Mahbubin.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga, yaitu bagaimana pembelajaran
pendidikan nilai di panti asuhan Roudlotul Mahbubin Kalipucang Batang? bagaimana
implementasi strategi pembelajaran pendidikan nilai di Panti Asuhan Roudlotul
Mahbubin Kalipucang Batang? dan Apa faktor pendukung dan faktor penghambat
Strategi Pembelajaran Pendidikan Nilai di Panti Asuhan Roudlotul Mahbubin
Kalipucang Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran
pendidikan nilai implementasi strategi pembelajaran pendidikan nilai, dan untuk
mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pembelajaran
pendidikan nilai di Panti Asuhan Roudlotul Mahbubin Kalipucang Batang. Kegunaan
secara teoritis, untuk memberikan sumbangan pemikirian tentang implementasi strategi
pembelajaran pendidikan nilai, secara praktis, sebagai tambahan informasi bagi peneliti
dan para guru tentang implementasi strategi pembelajaran pendidikan nilai.
Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
penelitian lapangan (field research). Sumber primer dalam penelitian ini antara lain
yakni; Guru, aktivitas anak yatim di Panti Asuhan Roudlotul Mahbubin Kalipucang
Batang. Sedangkan sumber sekunder yakni beberapa peserta didik, dokumen yang
berkaitan dengan data Guru dan sumber lain yang relevan dengan penelitian yang
dijadikan sumber pendukung dari sumber data utama. Teknik pengumpulan data yang
penulis gunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis
datanya adalah analisa deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan secara mendalam
hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan tanpa melibatkan angka angka.
Hasil penelitian ini adalah pembelajaran pendidikan nilai yang digunakan oleh
Panti Asuhan Roudlotul Mahbubin adalah metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi,
keteladanan, diskusi, hukuman edukatif, keterlibatan dalam masyarakat, dan karya
wisata. Implementasi strategi pembelajaran pendidikan nilai di panti asuhan Roudlotul
Mahbubin menggunakan strategi pembelajaran afektif. strategi pembelajaran afektif
termuat pendidikan nilai secara utuh yakni, religius, kejujuran, tanggung jawab, disiplin
dan mandiri. Adapun implementasinya yakni, dengan pola pembiasaan dan modeling.
faktor pendukung dan penghambat terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor
pendukung dari lingkup internal yakni karena peserta didik itu sendiri, sedangkan
eksternal terdiri dari keluarga, pendidik, sarana dan prasarana, dan masyarakat.
Sedangkan faktor penghambat dari lingkup internal, yakni dari peserta itu sendiri, dan
faktor eksternalnya yaitu, keluarga, struktur organisasi, dan sarana dan prasarana
15SK1521029.00 | SK PAI 15.029 ZUL i | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain