SKRIPSI PAI
Upaya Membangun Karakter Siswa Di SD Negeri Wonosegoro 02 Kabupaten Batang
Setiap individu memiliki ciri dan sifat atau karakteristik bawaan (heredity) dan karakteristik yang diperoleh dari pengaruh lingkungan. Karakteristik bawaan merupakan karakteristik keturunan yang dimiliki sejak lahir, baik yang menyangkut faktor biologis maupun faktor sosial psikologis. Setiap individu memiliki karakter yang berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain faktor dari dalam (intrinsik) dan faktor dari luar (ekstrinsik).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja bentuk karakter siswa di SD Negeri Wonosegoro 02? Bagaimana upaya membangun karakter siswa di SD Negeri Wonosegoro 02? Apa saja faktor yang menghambat dan mendukung upaya membangun karakter siswa di SD Negeri Wonosegoro 02?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan bentuk karakter siswa di SD Negeri Wonosegoro 02, untuk mendeskripsikan upaya membangun karakter siswa di SD Negeri Wonosegoro 02, untuk mendeskripsikan faktor yang menghambat dan mendukung upaya membangun karakter siswa di SD Negeri Wonosegoro 02. Secara teoritis penelitian berguna sebagai bahan pengetahuan dan pembelajaran bagi guru dalam mendidik dan membimbing siswanya agar memiliki karakter yang baik. Secara praktis memberikan masukan kepada guru di SD Negeri Wonosegoro 02 untuk membangun karakter siswa bagi siswanya.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Bentuk karakter siswa di SD Negeri Wonosegoro 02, diwujudkan dalam bentuk: Karakter siswa ketika di kelas, diwujudkan dalam bentuk: mengucap salam dan berdoa bersama dan menanamkan nilai-nilai sosial. Karakter siswa dalam bentuk praktik atau kegiatan anak didik di luar kelas, diwujudkan dalam bentuk: berjabat tangan dengan guru, melakukan shalat berjamaah, shalat dhuha, dan tadarus, serta hormat atau tawadlu ketika bertemu dengan guru, dan latihan shodaqoh dengan cara memberikan infaq setiap hari jum’at. Kedua, Peranan guru dalam upaya membangun karakter siswa di SD Negeri Wonosegoro 02, antara lain: mengajarkan karakter siswa dengan cara menanamkan nilai-nilai agama Islam, melakukan evaluasi terhadap karakter siswa, serta memberikan bukti penilaian karakter siswa dengan cara melihat pada buku raport anak didik. Ketiga, Faktor yang menghambat upaya membangun karakter siswa di SD Negeri Wonosegoro 02, meliputi: lingkungan dan pengaruh teknologi. Sedangkan faktor yang mendukung, meliputi: peran aktif dari orang tua, adanya guru profesional, serta adanya materi (bahan ajar) yang relevan dengan karakter siswa.
15SK1521019.00 | SK PAI 15.019 HAM u | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain