SKRIPSI PAI
Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mengenal Angka Pada Siswa TK Yaa Bunayya Kalisalak Batang
Peran Guru dalam kegiatan belajar mengajar bagi siswa merupakan faktor penentu keberhasilan dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hendaknya guru harus terus meningkatkan perananya karena guru merupakan orang yang bertanggung jawab dalam mendidik, mengajar, dan melatih murid-muridnya dengan berbagai cara. Dengan demikian guru mampu meningkatkan minat belajar siswa mengenal angka secara maksimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana minat belajar mengenal angka pada siswa TK Yaa Bunayya Kalisalak Batang? Bagaimana peran guru dalam meningkatkan minat belajar mengenal angka pada siswa TK Yaa Bunayya Kalisalak Batang? Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peran guru dalam meningkatkan minat belajar mengenal angka pada siswa TK Yaa Bunayya Kalisalak Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar mengenal angka pada siswa TK Yaa Bunayya Kalisalak Batang, Untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan minat belajar mengenal angka pada siswa TK Yaa Bunayya Kalisalak Batang, Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran guru dalam meningkatkan minat belajar mengenal angka pada siswa TK Yaa Bunayya Kalisalak Batang. Kegunaan penelitian memberikan masukan kepada guru tentang upaya agar lebih memperhatikan pola pendidikan dalam mendidik dan meningkatkan minat belajar pada siswa di TK Yaa Bunayya Kalisalak Batang, membantu guru dalam memberikan informasi minat belajar anak terutama dalam hal mengenal angka di TK Yaa Bunayya Kalisalak Batang.
Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan field research). Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Minat belajar siswa memiliki empat kelemahan, yakni kurangnya partisipsi siswa, kurangnya Antusias siswa,kurangnya keaktifan siswa dalam mengenal angka, dan kurangnya minat belajar mengenal angka pada siswa. Peran guru di TK Yaa Bunayya memiliki lima peran penting dalam meningkatkan minat belajar mengenal angka yakni: Peram guru untuk mendidik, Peran guru untuk membimbing, Peran guru untuk mengatur kelas, Peran guru untuk memotivasi, Peran guru untuk mengevaluasi siswa. Faktor yang mendukung Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Mengenal Angka pada Siswa TK Yaa Bunayya Kalisalak Batang antara lain: adanya keinginan siswa untuk mengenal angka, adanya dorongan dari orang tua siswa. Sedangkan faktor yang menghambat, antara lain: kondisi kelas yang kurang nyaman, kurangnya media pembelajaran, kurangnya dana kegiatan
15SK1521018.00 | SK PAI 15.018 SUL p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain