SKRIPSI PAI
Peran Paguyuban Orang Tua dalam Mendukung Kualitas Proses Pembelajaran Di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan
Paguyuban orang tua merupakan perkumpulan wali murid dalam suatu kelas bertujuan untuk meningkatkan partisipasi, dan tanggung jawab wali murid dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa.
Berdasarkan pendapat diatas, maka dirumuskan permasalahan yaitu: “Bagaimana bentuk kegiatan paguyuban yang ada di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang ? Bagaimana kualitas kualitas proses pembelajaran di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang ? Bagaimana peran paguyuban orang dalam mendukung kualitas proses pembelajaran? Apa saja kendala yang dihadapi oleh paguyuban orang tua dalam mendukung kualitas proses pembelajaran?”. Tujuan penelitian adalah menjelaskan bentuk kegiatan paguyuban di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan, menjelaskan kualitas proses pembelajaran di SD Muhammadiyah 01 Kandang Penjang, menjelaskan peran paguyuban orang tua dalam mendukung kualitas proses pembelajaran di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan, dan menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi oleh paguyuban orang tua dalam mendukung kualitas proses pembelajaran di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan. Kegunaan penelitian diharapkan dapat dijadikan sebagai wawasan, pengetahuan, dan bahan pertimbangan dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan, sebagai sumbangan karya ilmiah yang diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan bagi STAIN pada khususnya maupun pada masyarakat pada umumnya mengenai peran paguyuban orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran, sebagai bahan acuan untuk pengembangan penelitian selanjutnya, untuk menjalin kerjasama dengan orang tua dan guru agar proses belajar mengajar dan tujuan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, bagi orang tua agar selalu berkomunikasi dengan pihak sekolah terutama dengan guru kelas untuk mengetahui permasalahan yang dialami oleh peserta didik dalam proses belajar mengajar, dan untuk mengetahui peran serta orang tua dalam paguyuban dalam rangka menunjang kelancaran guru dalam mendukung kualitas proses pembelajaran.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitataif. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis reduksi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kegiatan paguyuban ada 3 yaitu: kegiatan rutin bulanan, tahunan, dan sosial. Kualitas proses
pembelajaran di SD Muhamamadiyah 01 Kandang Panjang sudah dapat dikatakan berkualitas, hal ini di ukur melalui 3 strategi yaitu strategi pengorganisasian pembelajaran, penyampaian pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran. Peran paguyuban orang tua dalam mendukung kualitas proses pembelajaran di SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang Pekalongan sudah berjalan secara optimal dalam mendukung kualitas proses pembelajaran. Peranannya yaitu: sebagai sarana komunikasi antara wali murid dan guru, sebagai sarana untuk memecahkan masalah, sebagai mitra guru dalam memotivasi anak belajar di rumah dan sekolah, memberikan masukan dan ikut berperan dalam mendukung kualitas proses pembelajaran. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh paguyuban orang tua dalam mendukung kualitas proses pembelajaran adalah kesibukan orang tua sehingga tidak dapat menghadiri pertemuan rutin.
15SK1521015.00 | SK PAI 15.015 AIN p | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain