Thesis
Konsep Dan Aplikasi Pendidikan Karakter KH. Bisri Mustofa Di Pondok Pesantren Raudlatul Thalibin Rembang
Pembelajaran matematika dalam materi sifat-sifat bangun ruang sederhana, siswa dituntut untuk dapat memahami tentang berbagai gambar bangun ruang dan sifat-sifatnya. Di mana dalam proses pembelajarannya membutuhkan teknik yang efektif dan menarik untuk memahamkan siswa dalam menerima pelajaran. Oleh karena itu menjadi kewajiban seorang guru untuk bisa memilih metode yang tepat dalam pembelajarannya. Metode demonstrasi merupakan salah satu metode alternatif yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A MI Sudirman Pekalongan? Penelitian ini untuk mendeskrpisikan pelaksanaan pembelajaran matematika melalui metode demonstrasi yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam materi sifat-sifat bangun ruang sederhana siswa Kelas IV A MI Sudirman Pekalongan. Manfaat penelitian ini secara teoritis dan praktis dapat bermanfaat bagi guru, siswa dan penulis, dalam penggunaan metode pembelajaran yang sesuai sebagai usaha meningkatkan hasil belajar siswa. Khususnya dalam kegunaan hasil belajar matematika dalam materi sifat-sifat bangun ruang sederhana.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan model Penelitian Tindakan Kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Tempat penelitian adalah kelas IV A MI Sudirman Pekalongan. Waktu penelitian adalah bulan Maret 2014 sampai dengan April 2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A di MI Sudirman Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 43 siswa. Kolaborator penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas IV A MI Sudirman Pekalongan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, hasil tes/evaluasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang sederhana yang dimulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II dengan nilai KKM 60,0. Hal itu dapat diketahui dari data perolehan nilai rata-rata untuk mata pelajaran matematika pada Pra Siklus nilai rata-rata 46,74 dengan ketuntasan klasikal 34,88 %, sedangkan pada Siklus I nilai rata-rata meningkat 57,21 dengan ketuntasan klasikal 53,49 %. Pada Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 70,93 dengan ketuntasan klasikal 88,37 %. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan, yaitu penggunaan metode demonstrasi dapat
meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sederhana siswa kelas IV A MI Sudirman Pekalongan semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat diterima kebenarannya.
14TS144032.00 | TS 144032 TAP k | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain