Thesis
Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Pemalang
Tesis ini mengkaji tentang kompetensi profesional guru pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa, dan bagaimana pengaruh kompetensi profesioal guru pendidikan agama islam terhadap prestasi belajar siswa. Pembahasan tesis ini dimaksudkan untuk mengetahui kompetensi guru pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa.
Kompetensi merupakan salah satu kualifikasi guru yang sangat penting, karena bagaimanapun bagusnya sebuah kurikulum, metode pembelajaran dan lain sebagainya tanpa didukung oleh guru yang berkompeten maka ia dalam menjalankan tugasnya akan tidak optimal. Seorang guru profesionl dalam menjalankan tugasnya perlu memiliki keempat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.Keempat kompetensi itu sangat berpengaruh bagi hasil belajar siswa maupun sikap individu siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensiprofesional guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikanagama Islam di SMA Negeri 1 Pemalang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Pemalang yang berjumlah 1037 siswa, sedangkan sampelnya diambil secara acak (random sample), mengingat populasinya lebih dari 100 orang, maka penulis mengambil sampel sebanyak 15% dari populasi yaitu 30 siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknikpengumpulan data meliputi instrumen, wawancara, dan studi dokumentasi.Dan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik product moment.
Dari hasil pengolahan data yang didapat langkah selanjutnya diklasifikasikan dan diolah sehingga menghasilkan data akhir dengan Rxy sebesar = 0,397 yang berarti terdapat hubungan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa walaupun hubungan positif itu hanya pada tingkat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, ini mengandung pengertian bahwa kompetensi professional guru berhubungan dengan prestasi belajar siswa dalam bidang pendidikan agama islam meskipun hanya pada taraf rendah.
Kata Kunci: Pengaruh,Profesional Guru PAI, Prestasi Siswa
14TS144024.00 | TS 144024 MIS p | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain