Thesis
Implikasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Pada Prestasi Belajar Dan Akhlak Peserta Didik SMA Di Kota Pekalongan
Penelitian ini penting dilakukan karena peran guru sangat utama
dalam proses pembelajaran. Sementara hasil Uji Kompetensi Guru di
Indonesia diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata kompetensi guru relatif
rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik
guru Pendidikan Agama Islam, prestasi belajar dan akhlak peserta didik.
Setelah itu, dicari implikasi antara variabel kompetensi pedagogik guru
Pendidikan Agama Islam pada prestasi belajar dan akhlak peserta didik
SMA di Kota Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksplanatif kuantitatif
dengan populasi guru Pendidikan Agama Islam sejumlah 15 orang.
Populasi peserta didik sebanyak 1159 orang, dengan sampel peserta didik
sebesar 10% (116 orang). Pengambilan sampel dengan teknik
proporsional sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
angket untuk variabel kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama
Islam dan akhlak peserta didik, dan variabel prestasi belajar peserta didik
menggunakan teknik dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan
menghitung persentase, uji korelasi dan uji signifikansi dengan metode
Tau Kendall.
Hasil analisis data diperoleh data sebagai berikut; (1) kompetensi
pedagogik guru Pendidikan Agama Islam dalam kategori baik dengan ratarata
nilai 106.60 (2) prestasi belajar peserta didik dalam kategori baik
dengan rata-rata nilai 84.91 (3) akhlak peserta didik dalam kategori baik
dengan rata-rata nilai 64,87 (4) variabel kompetensi pedagogik guru
Pendidikan Agama Islam terdapat pengaruh positif pada variabel prestasi
belajar dengan nilai 0,176 dan pada variabel akhlak peserta didik dengan
nilai 0,184. Tetapi dari penelitian sampel ini, tidak signifikan untuk
digeneralisasikan dalam taraf populasi, karena diperoleh rata-rata nilai
lebih besar dari pada 0,05.
Hal ini menunjukkan bahwa tingginya tingkat kompetensi
pedagogik guru Pendidikan Agama Islam tidak berkonstribusi dominan
pada tingginya prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan akhlak mulia
peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dari hasil penelitian
ini dapat memberi gambaran kepada semua pihak yang terkait
pembangunan bidang pendidikan, khususnya para guru agar terus
meningkatkan perannya dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: kompetensi pedagogik, prestasi belajar, akhlak
14TS144019.00 | TS 144019 MUD i | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain