Thesis
Rekonstruksi Kurikulum Ponpes Salafiyah Bagi Peningkatan Mutu Dan Hasil Belajar Santri (Studi Kasus Di Ponpes Al-Ma'dar Jatimulya Kec.Suradadi Kab. Tegal)
Makmuri Aziz {Rekonstruksi Kurikulum Ponpes Salafiyah bagi Peningkatan Mutu dan Hasil Belajar santri : Studi Kasus di Ponpes Salafiyah Al-Madar Jatimulya Suradadi Kabupaten Tegal}. Tesis ini berupaya menyajikan proses pengembangan kurikulum ponpes salafiyah melalui rekonstruksi kurikulum yang dilakukan di Ponpes Salafiyah Al-madar (Al-Mamuriyah Darussalam) Jatimulya Suradadi Kabupaten Tegal, meliputi gambaran desain kurikulum awal, filosofi yang menjadi landasan rekonstruksi kurikulum, proses rekonstruksi kurikulum, dan desain kurikulum baru hasil rekonstruksi. Rekonstruksi kurikulum ini dilakukan seiring dengan perkembangan filosofi, kebijakan pengasuh generasi selanjutnya dan tuntunan sosial masyarakat agar sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat baik yang bersifat informal, nonformal, maupun formal.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah ilmu manajemen dan pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder, dengan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi data. Rangkaian data dianalis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pada tahapan akhir pemeriksaan keabsahan data disinergikan dengan teknik validasi data.
Proses rekonstruksi kurikulum kemudian dimulai pada tahun 2003. Langkah dalam proses rekonstruksi kurikulum terdiri dari penyusunan konsep kurikulum oleh tim penyusun, diskusi dengan steak holders lain bidang manajemen pendidikan dan kurikulum, konsultasi dengan Nara Sumber, perbaikan kurikulum hasil konsultasi dan validasi. Validasi kurikulum dilakukan setelah semua materi disepakati oleh penyusun dan nara sumber dalam suatu pertemuan, dan disahkan oleh Pimpinan Ponpes Al-Madar. Adapun aspek yang divalidasi meliputi Kompetensi Dasar, Indikator Kompetensi Keluaran, mata pelajaran hasil rekonstruksi, proses atau metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
Kurikulum hasil rekonstruksi di Ponpes Al-Madar disusun dan dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik santri/peserta didik, kondisi daerah, dan jenjang serta jenis pendidikan. Kurikulum hasil rekonstruksi meliputi substansi komponen muatan program Ponpes Salafiyah, program wajib belajar pendidikan dasar, dan program keterampilan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar susbtansi. Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berkembang secara dinamis, dan oleh karena itu semangat dan isi kurikulum mendorong santri/peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat perkembangan ilmu pengetahuan , teknologi dan seni yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu dan hasil belajar santri.
Kata Kunci ; Rekonstruksi, Kurikulum, Ponpes Salafiyah, Mutu dan Hasil
14TS144018.00 | TS 144018 AZI r | My Library (Lantai 3, Thesis) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain