Thesis
Implementasi Pendidikan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Assalam Kejene Randudongkal Kabupaten Pemalang
Terjadinya dekadensi moral di kalangan pelajar yang semakin hari semakin memprihatinkan menjadikan lembaga pendidikan formal dituntut untuk berbenah diri pada usaha peningkatan pendidikan karakter bagi peserta didiknya. Oleh karena itu, pendidikan karakter harus diajarkan melalui tindakan praktik dalam proses pembelajaran dan pembiasaan di madrasah, bukan sebatas pemahaman dan teori saja. Penelitian ini mengungkapkan tentang implementasi pendidikan karakter di MTs Assalam Kejene Randudongkal Pemalang.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : (1) observasi terlibat, (2) wawancara mendalam, dan (3) dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik pusposive sampling yang dipadukan dengan snowball sampling. Teknik analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yang mencakup empat komponen yang saling berkaitan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya menggunakan empat kriteria yaitu: derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas dicapai melalui pengauditan oleh para pembimbing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang dilakukan oleh Pengelola MTs Assalam Kejene meliputi: (a) Perencanaan pendidikan karakter dengan mengacu pada visi, misi, tujuan madrasah, dan kebutuhan (need assesment), (b) Melibatkan seluruh elemen madrasah, (2) Pelaksanaannya meliputi: (a) Pelaksanaan dalam kegiatan proses pembelajaran, melalui integrasi nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran. (b) Pelaksanaan dalam kegiatan pembiasaan madrasah, yang diintegrasikan dalam peraturan madrasah (c) pelaksanaan dalam kegiatan ekstrakurikuler yang sarat dengan nilai-nilai karakter mulia, (3) Evaluasi pelaksanaan pendidikan Karakter di madrasah.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Perencanaan pelaksanaan pendidikan karakter di MTs Assalam Kejene sudah dilaksanakan berdasarkan nilai-nilai karakter yang dikembangkan pada KTSP. Namun hasilnya belum optimal, perlu diselaraskan antara visi, misi, dan tujuan madrasah, (2) Pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dan pembiasaan di MTs Assalam dilaksanakan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam setiap mata pelajaran dan peraturan madrasah, (3) Pelaksanaan pendidikan karakter yang dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler dilakukan dengan cara menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang sarat dengan nilai-nilai karakter mulia. Kemudian untuk keberhasilan pendidikan karakter diperlukan adanya kerjasama yang sinergis antara guru dan warga madrasah lainnya agar pemanfaatan faktor-faktor yang mendukung berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, (4) penilaian pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dengan melihat pencapaian suatu indikator yang dinyatakan dalam pernyataan kualitatif.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Madrasah Tsanawiyah.
14TS144014.00 | TS 144014 MUK i | My Library (Lantai 3, Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain