Thesis
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam SMPN 4 Petarukan Dalam Melaksanakan Pendidikan Karakter
Penelitian ini berangkat dari sebuah keprihatinan dan sekaligus harapan. Mengapa di era globalisasi ini, masalah dekadensi moral semakin meningkat, sehingga para orang tua merasa khawatir terhadap pengaruh negatif dari globalisasi, yaitu semakin mudahnya nilai-nilai moral yang negatif mempengaruhi anak-anak didik, baik melalui media cetak, elektronik, maupun juga media online. Bahkan dapat disaksikan langsung dalam kehidupan nyata seperti tawuran antar geng, tawuran antar siswa sekolah, mengonsumsi miras atau narkoba, pemerkosaan, seks bebas, pencabulan, dan pencurian. Dari beberapa contoh-contoh itu membuat peneliti sebagai insan pendidikan perihatin dengan masalah ini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh diolah dengan analisis kualitatif interpretative dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Melalui pendekatan ini, penulis menemukan beberapa strategi guru PAI dalam melaksanakan pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Petarukan. Diantaranya dengan: (1)Menjalin kerjasama dengan komponen sekolah (2)Menjalin kerjasama dengan orang tua murid, (3)Memilih dan menentukan model strategi pembelajaran yang inovatif, (4)Melalui pendekatan pembiasaan, (5)Melalui pendekatan keteladanan, (6)Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Selain peneliti menemukan beberapa strategi guru PAI dalam melaksanakan pendidikan karakter di SMP Negri 4 Petarukan seperti yang telah dijelaskan diatas, peneliti juga menemukan nilai-nilai karakter yang di kembangkan di SMP Negeri 4 Petarukan. Nilai-nilai karakter yang di kembangkan di SMP Negeri 4 Petarukan itu antara lain: (1)Religius, (2)Disiplin, (3)Menghargai Prestasi, (4)Peduli Lingkungan, (5)Peduli Sosial. Selain itu, peneliti juga menemukan faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI dalam melaksanakan pendidikan karakter di SMP Negeri 4 Petarukan. Faktor pendukung itu antaralain (1)faktor intern (komponen sekolah yaitu guru), (2)faktor ekstern (lingkungan keluarga). Sedangkan faktor penghambatnya adalah (1)pengaruh derasnya dunia globalisasi, (2)Sarana dan prasarana.
Kata kunci : Strategi Guru PAI, Melaksanakan Pendidikan Karakter.
14TS144007.00 | TS 144007 KHA s | My Library (Lantai 3, Referensi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain