SKRIPSI PAI
Peran Ibu Buruh Pabrik Teh Dalam Membentuk Kemandirian Anak (Studi Di kelompok Bermain Cempakasari Karangmalang Pekalongan Timur)
Anak lahir dalam pemeliharaan orang tua dan dibesarkan dalam
keluarga. Orang tua terutama ibu harus dapat menjalankan peranannya untuk
memperhatikan anak-anaknya dan mendidiknya sejak anak itu kecil bahkan sejak
anak itu masih dalam kandungan. Ibu mempunyai peran penting dalam hal
tersebut, namun jika dilihat dari kenyataannya tidak semua ibu dapat
menempatkan posisinya. Hal ini semata-mata karena faktor ibu harus membantu
mencari nafkah keluarganya dengan cara bekerja. Seorang ibu yang bekerja
mempunyai kewajiban ektra dalam keluargannya, dimana kewajibannya dalam
mengurus keluarga (suami dan anak) serta kewajibannya dalam pekerjaan. Dalam
mengurus anak ibu yang bekerja tidak dapat melakukan perannya sepenuhnya
akibat rasa bersalah tersebut maka ibu akan cenderung memanjakan anak karena
waktu bersama anak tersita untuk bekerja dan lambat laun anak yang dimanjakan
akan bergantung kepada orang tuanya. Akibat panjang dari sikap tersebut anak
tidak memiliki kemandirian untuk dirinya. Kemandirian penting diterapkan
kepada anak sejak dini. Berdasarkan pengamatan penulis di Kelompok Bermain
Cempakasari memiliki misi dan misi memendirikan anak.
Dari latar belakang masalah tersebut maka dirumuskan permasalahan
sebagai berikut: Bagaimana peran ibu buruh pabrik teh dalam membentuk
kemandirian anak dan bagaimana kemandirian anak di KB CEMPAKASARI
Karangmalang Pekalongan Timur? Dan Bagaimana factor pendukung dan
penghambat peran ibu buruh pabrik teh dalam membentuk kemandirian ank di KB
CEMPAKASARI Karanmalang Pekalongan Timur?. Adapun tujuan penelitian
untuk mengetahui peran ibu buruh pabrik teh dalam membentuk kemandirian
anak dan kemandirian anak kemandirian anak di KB CEMPAKASARI
Karangmalang Pekalongan Timur, dan untuk mengetahui factor pendukung dan
penghambat peran ibu buruh pabrik the dalam membentuk kemandirian anak di
KB CEMPAKASARI Karangmalang Pekalongan Timur. Sedangkan kegunaan
penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi
orang tua khususnya seorang ibu dalam memberikan arahan serta bimbingan pada
anak dalam membentuk kemandirian anak sejak usia pra sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian
ini adalah fiel research (lapangan). Dengan alat pengumpulan data menggunakan
metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang
digunakan penulis yaitu reduksi data, penyajian dat a dan mengambil
kesimpulan/verifikasi. Sumber data primer dari penelitian ini adalah guru-guru di
Kelompok Bermain Cempakasari Karangmalang pekalongan timur dan ibu wali
murid yang bekerja sebagai buruh pabrik teh, sedangkan sumber data sekunder
berupa sumber data dari bacaan buku, dokumen, dan arsip sekolah.
Hasil penelitian ini adalah bahwa Peran ibu buruh pabrik teh dalam
membentuk kemandirian anaknya adalah dengan menasehati, memberi contoh
yang baik, mengurusi, mendidik dan mengajari anak. Kemandirian anak di
Kelompok Bermain Cempakasari sudah ditanamkan sejak anak pertama kali
mengenal lingkungan sekolah, sehingga ketika mereka masuk ke tingkat sekolah
formal tidak bergantung kepada orang tua dan dari anak yang ibunya bekerja
sebagai buruh pabrik teh terdapat 2 anak yang belum mandiri. Dan Faktor
pendukung peran ibu dalam membentuk kemandirian anaknya adalah pola asuh
yang digunakan ibu buruh pabrik teh dalam mendidik anaknya. Terdapat 4 ibu
yang menggunakan pola asuh autoritatif (memandirikan), 2 ibu yang
menggunakan pola asuh permissive (membolehkan), dan seorang ibu yang
menggunakan pola asuh authoritarian (menguasai). Sedangkan faktor
penghambatnya ada tiga yaitu tingkat pendidikan ibu yang rendah, ketersediaan
waktu ibu yang seharusnya dihabiskan untuk bersama anak berkurang karena ibu
harus bekerja, dan sikap ibu dalam mendidik anak
13SK134821.00 | SK PAI 141348 SAR p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain