SKRIPSI PAI
Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Pendidikan Life Skill Di SMA Muhammadiyah 02 Kab. Pekalongan
Meningkatkan kreativitas hendaknya merupakan bagian integral dari
setiap program pendidikan agar sampai pada tujuan dan sasaran belajar yang
diinginkan. Pengembangan kreativitas merupakan langkah strategis dalam upaya
menggali potensi keterampilan yang dimiliki siswa, dan di terapkannya
pendidikan life skill sebagai bentuk untuk meningkatkan pendidikan yang
berorientasi pada kecakapan hidup, Sebab tuntutan ke depan pendidikan
menengah umum seperti SMA mampu meluluskan para siswa yang siap bersaing
dalam dunia bekerja.
Adapun yang menjadi rumusan masalah (1) Bagaimana pengembangan
kreativitas siswa dalam pendidikan life skill di SMA Muhammadiyah 02 Kab.
Pekalongan? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengembangan
kreativitas pendidikan life skill di SMA Muhammadiyah 02 Kab. Pekalongan?
Tujuan dari penelitian ini adalah;(1) Untuk mengetahui pengembangan kreativitas
siswa dalam pendidikan life skill di SMA Muhammadiyah 02 Kab. Pekalongan.(2)
Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan kreativitas
pendidikan life skill di SMA Muhammadiyah 02 Kab. Pekalongan.
Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan
pendekatan kualitatif yang merupakan suatu pendekatan penelitian yang
berorientasi pada fenomena atau gejala alami, dan jenis penelitian dari penulisan
skripsi ini adalah penelitian lapangan, dimana penelitian yang digunakan adalah
mengamati langsung kegiatan yang sebenarnya. Metode atau teknik pengumpulan
datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian pengembangan kreativitas dalam pendidikan life skill
di SMA Muhammadiyah 02 Kab. Pekalongan agar siswa mampu mempelajari
keterampilan bidang-bidang tertentu yang sesuai standar pelatihan, meliputi
teknik otomotif, teknik listrik, TIK dan tata busana. Kegiatan ini dilaksanakan
secara interaktif dan berkesinambungan dalam rangka mengembangkan kreativitas
dan potensi yang dimiliki siswa. sebagai upaya pembekalan keterampilan bidang
teknik dari kalangan siswa untuk bisa dikembangkan dan nantinya dapat
digunakan untuk masuk dalam dunia kerja.
Faktor pendukung dan penghambat pengembangan kreativitas pendidikan
life skill SMA Muhammadiyah 02 Kab. Pekalongan. Berdasarkan observasi yang
menjadi pendukungnya antara lain; a) Adanya potensi yang luas lapangan
pekerjaan yang mengandalkan kreativitas serta ketrampilan khususnya dalam
bidang teknik, dengan diadakannya kegiatan pengembangan kreativitas
pendidikan life skill, memungkinkan para lulusan nantinya siap bersaing dalam
dunia kerja. b) Pelaksanaan metode dan cara-cara yang cukup efektif dalam
viii
pengembangan diri siswa melalui tahapan-tahapan dalam rangka menemukan
bakat dan minat yang dimiliki siswa. c) Besarnya minat para siswa. Sedangkan
faktor penghambat diantaranya: a) Masih kurangnya fasilitas atau sarana
pendukung. b) Daya kemampuan siswa di SMA Muhammadiyah 02 Pekalongan
masih dalam standar, dan c) Masih rendahnya respon atau dukungan dari pihak-pihak yang dapat dijadikan sebagai mitra kerja sama untuk pengembangan diri
siswa.
13SK134621.00 | SK PAI 141346 DAR p C.0 | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain