SKRIPSI PAI
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Dengan Metode Abjad Siswa Kelas 1 MII Dekoro Kecamatan Pekalongan Timur
Guru yang mengajar di MII Dekoro Kecamatan Pekalongan Timur
dihadapkan beberapa masalah dalam pembelajaran membaca kata pada siswa kelas I
MII Dekoro Kecamatan Pekalongan Timur. Masalah tersebut yaitu ketidakmampuan
siswa dalam mengeja dan menterjemahkan arti tulisan yang dibaca, dan
ketidakmampuan siswa dalam pengorganisasian tulisan yang bermakna. Kondisi ini
terungkap dari pengamatan selama berlangsungnya aktivitas proses belajar latihan
keterampilan membaca dan terungkap dari evaluasi hasil belajar siswa dalam
membuat bacaan berupa teks fungsional pendek pada kegiatan pembelajaran menulis
menunjukkan bahwa dari 24 siswa memperoleh nilai ulangan harian menulis
dibawah KKM yang ditetapkan madrasah yaitu sebesar 70.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan
membaca dan menulis huruf abjad siswa kelas I MII Dekoro Kecamatan Pekalongan
Timur sebelum menggunakan metode abjad? bagaimana kemampuan membaca dan
menulis huruf abjad siswa kelas I MII Dekoro Kecamatan Pekalongan Timur setelah
menggunakan metode abjad? apakah penggunaan metode abjad dapat meningkatkan
kemampuan membaca dan menulis huruf abjad siswa kelas I MII Dekoro Kecamatan
Pekalongan Timur?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan
membaca dan menulis huruf abjad siswa kelas I MII Dekoro sebelum dan setelah
menggunakan metode abjad, untuk mendeskripsikan apakah penggunaan metode
abjad dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf abjad siswa
kelas I MII Dekoro. Kegunaan secara praktis berguna untuk memberikan masukan
kepada guru di MII Dekoro.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, dokumentasi, tes lisan dan tertulis.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan pada penilaian
kemampuan membaca dan menulis huruf abjad siswa kelas I MII Dekoro Kecamatan
Pekalongan Timur sebelum menggunakan metode abjad (pra siklus) yakni 65,47
meningkat pada siklus I menjadi 66,25 pada siklus II meningkat menjadi 78,13 dan
pada siklus III meningkat lagi menjadi 85. Siswa yang tuntas belajar dari pra siklus
dengan perolehan 24 siswa (100 %) mendapatkan nilai pengamatan dengan kategori
cukup. Pada siklus I dengan perolehan 24 siswa (100 %) mendapatkan nilai
pengamatan dengan kategori cukup. Pada siklus II dengan perolehan sebanyak 11
siswa (45,8 %) mendapatkan nilai pengamatan dengan kategori cukup dan sebanyak
13 siswa (54,2 %) mendapatkan nilai pengamatan dengan kategori baik. Pada siklus
III dengan perolehan nilai sebanyak 5 siswa (20,8 %) mendapatkan nilai pengamatan
dengan kategori baik sekali dan sebanyak 19 siswa (79,2 %) mendapatkan nilai
pengamatan dengan kategori baik.
13SK134321.00 | SK PAI 141343 HAR u C.0 | DIGITAL (http://repository.iainpekalongan.ac.id) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain