SKRIPSI PAI
Peranan Masyarakat Terhadap Perkembangan Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Hikam Desa Pesantren Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang
Kata Kunci :Peranan Masyarakat dan Perkembangan Madrasah Ibtidaiyah.
Perkembangan dan kemajuan madrasah merupakan perjuangan dari
masyarakat yang tak kenal lelah memberikan perannya dibantu pemerintah.
Berkembangnya madrasah diharapkan menjadi tumpuan bagi cita-cita pendidikan
untuk lebih maju sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. MI Mambaul Hikam di desa Pesantren mengalami ketertinggalan dalam
perkembangannya dibandingkan dengan sekolah
-sekolah dasar yang ada di desa Pesantren. Hal ini disebabkan menurunnya peranserta masyarakat dalam keikutsertaannya untuk perkembangan pendidikan di MI Mambaul Hikam, antara
lain dengan berkurangnya minat memasukan putra
-putrinya ke MI dan berkurangnya masyarakat yang bersedia menjadi donatur untuk pembiayaan
pendidikan di MI Mambaul Hikam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Hikam di desa Pesantren kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang ?
bagaimana peranan masyarakat terhadap perkembangan Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Hikam desa Pesantren kecamatan Ulujami
kabupaten Pemalang ?.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Hikam di desa Pesantren kecamatan Ulujami
kabupaten Pemalang, dan untuk mengetahui bentuk peranan masyarakat terhadap
perkembangan Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Hikam di desa Pesantren kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang. kegunaan penelitian
ini untuk memberikan konstribusi pemikiran
dan cakrawala pengetahuan bagi
pelaku pendidikan dalam usaha meningkatkan peranan masyarakat terhadap pendidikan
di sekolah/madrasah dalam perkembangan suatu sekolah/madrasah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif.sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa:pertama, perkembangan MI Mambaul Hikam
desa Pesantren kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang dapat dilihat dari sejarah berdirinya hinga kini, keadaan guru, keadaan siswa, kondisi gedung danstatus sekolah.
MI Mambaul Hikam yang pada awal berdirinya adalah madrasah wajib belajar yang didirikan oleh masyarakat pada tahun 1951, kemudian pada
tahun 1981 dijadikan MI Mambaul Hikam dan tahun 1987 memiliki gedung sendiri. Keadaan guru di MI Mambaul Hikam mengalami perkembangan yang
signifikan, 50% guru sudah memiliki kompetensi dengan lulus sertifikasi. Adapun
keadaan siswa justru terlihat menurun. Kondisi gedung mengalami perkembangan
cukup baik. Adapun status sekolah mengalami perkembangan yang baik dari terdaftar sekarang
terakreditasi B. Kedua, Peranan masyarakat terhadap perkembangan MI Mambaul Hikam desa Pesantren kecamatan Ulujami kabupaten
Pemalang antara lain dalam bentuk perannya terhadap perkembangan MI Mambaul Hikam yaitu sebagai promotor dan penggerak berdirinya MI Mambaul Hikam, penyedia lahan/lokasi dan pengelola MI Mambaul Hikam, donatur/sumber
dana, tenaga pengajar dan peran dalam perekrutan peserta didik baru serta peran
dalam mewujudkan program-program dalam perkembangan MI Mambaul Hikam yaitu pendirian gedung, renovasi, penghijauan lingkungan sekolah, pembangunan ruang baru, pavingisasi halaman dan pembangunan pintu gerbang dan pagar
sekolah.
13SK130821.00 | SK PAI14.1308 TUZ p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain