SKRIPSI PAI
Pengembangan Diri Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Sidorejo Warungasem Batang
Kata Kunci : Pengembangan Diri
Di era globalisasi ini dunia pendidikan dihadapkan pada masalah yaitu lulusan sekolah atau madrasah tidak mampu menjawab tantangan kehidupan
dalam masyarakat, terlebih menghadapi permasalahan kemerosostan nilai-nilai moral spiritual, krisis kepribadian generasi bangsa. Berangkat dari fenomena inilah menjadi latar belakang penulis sehingga terdorong untuk melakukan penelitian dengan memfokuskan
tentang pengembangan diri peserta didik yang
dilaksanaan di MIS Sidorejo. Rumusan masalah
penelitian ini adalah:1) Bagaimana pengembangan diri peserta didik di MISSidorejo?
2)Bagaimana strategi dalam pengembangan diri
peserta didik di MI Salafiyah Sidorejo?
3) Faktor apa saja yang mendukung dan
menghambat pengembangan diri peserta didik
di MIS Sidorejo?,
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui
pengembangan diri peserta didik di MIS Sidorejo, 2)Untuk mengetahui strategi dalam pengembangan diri peserta didik di MIS Sidorejo
3)Untuk mengetahui Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pengembangan kepribadian peserta didiknya, sedangkan kegunaan
penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah di bidang pendidikan, khususnya tentang pengembangan kepribadian peserta didik. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif, jenis penelitian lapangan
(Field Research).
Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data, digunakan metode deskriptif,
yaitu teknik
yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan apa yang ada, baik
mengenai kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang sedang tumbuh, proses
yang sedang berlangsung akibat atau efek yang terjadi atau kecenderungan yang berkembang.
Hasil penelitian: Pertama,Pengembangan diri
di MIS Sidorejo meliputi Kegiatan terprogram d
irencanakan secara khusus dan diikuti oleh peserta didik sesuai dengan
kebutuhan dan kondisi pribadinya dan
Kegiatan tidak terprogram dilaksanakan secara
langsung oleh pendidik dan tenaga kependidikan di
sekolah/madrasah yang diikuti oleh semua peserta didik.;
Kedua Strategi pembentukan karakter pada
peserta didik di MIS Sidorejo Batang
,antara lain: (1) Keteladanan,
(2) penanaman disiplin,
(3)Pembiasaan,
(4)Modeling, dan (5) Menciptakan suasana kondusif
; dan Ketiga
, Pendukung dan penghambat dalam mengembangkan diri siswa di MIS Sidorejo Batang:
a. Pendukung: 1) Ruangan yang nyaman, dan
layak untuk proses pembelajaran dan tempat yang strategis. 2) Kebijakan dari kepala sekolah yang mendukung dalam mengembangkan kepribadian siswa 3) Dukungan dari mayoritas guru. b.Penghambat : 1) Kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga siswa, 2) Kemajuan teknologi
yang membawa dampak negatif.
3)Evaluasi dari ranah kepribadian siswa sulit
dilakukan karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengetahuinya,
13SK130121.00 | SK PAI14.1301 YUS p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain