SKRIPSI PAI
Upaya Guru Membangkitkan Motivasi Belajar Aqidah Akhlak Dengan Kisah-Kisah Teladan Pada Peserta Didik Kelas VII MTs. Muhammadiyah Kajen
Peserta didik kelas VII kurang bersemangat dalam mengikuti mata pelajaran aqidah akhlal karena guru pendidikan agama islam sangat jarang sekali menggunakan strategi (rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus) yang dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Selain itu, terkadang peserta didik selalu menganggap remeh pelajaran aqidah akhlak karena bagi mereka pelajaran itu tidak sulit dan selalu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang membuat peserta didik kurang termotivasi dan malas untuk belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan dan Bagaimanakah membangkitkan motivasi belajar peserta didik dengan kisah-kisah teladan pada peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian sosiologis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas VII MTs. Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan sebelum dilakukan upaya membangkitkan motivasi belajar aqidah akhlak dengan kisah-kisah teladan belum menunjukkan motivasi belajar yang baik, yaitu siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini disebabkan pembelajaran yang membosankan dan monoton karena guru kurang mempunyai inovasi dalam pembelajaran. Upaya membangkitkan motivasi belajar aqidah akhlak sebesar 3,42 yang masuk kategori motivasi belajar aqidah yang cukup. Siswa cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran sehingga rata-rata hasil belajar yang diperoleh cukup baik. Pembelajaran dengan kisah-kisah teladan dapat diterapkan pada pembelajaran mata pelajaran lainnya, khususnya yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Guru agar selalu memberikan motivasi belajar kepada peserta didik untuk selalu belajar giat dan rajin di madrasah maupun di rumah. Kisah-kisah teladan hendaknya terus diberikan kepada peserta didik agar kisah-kisah teladan tidak dilupakan.
12SK129921.00 | SK PAI14.1299 YAS u C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain