SKRIPSI PAI
Penerapan Metode Tikrari Dalam Mata Pelajaran Tahfidzul Qur'an Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat Asy-Syams Siswa Madrasah Aliyah (MA) DR. Ibnu Mas'ud Wiradesa Pekalongan
Kata kunci: Metode Tikrari, Kemampuan Menghafal.
Menghafal Al-Quran merupakan suatu kegiatan yang sangat mulia, baik dihadapan manusia
terutama dihadapan Allah SWT. Banyak keutamaan maupun manfaat yang dapat
diperoleh dari para penghafal Al-Quran, baik itu keutamaan yang diperolehnya di dunia maupun di
akhirat kelak. Disamping itu pula sang penghafal
Al-Quran sangat memegang peranan penting dalam menjaga kemurnian dan keaslian
Al-Quran hingga akhir zaman.
Untuk itu dibutuhkan strategi dengan menerapkan metode yang sesuai dengan cara
menghafal yang baik dan menyenangkan. diantaranya dengan menggunakan metode Tikrari.
Metode tersebut merupakan langkah untuk mengulang-ulang hafalan siswa dan mengarahkan siswa agar terbiasa untuk menghafal dengan
baik dan menyenangkan.
Berdasarkan observasi pendahuluan, dalam proses pembelajaran Tahfidzul Quran
di kelas X (Sepuluh) Madrasah Aliyah (MA) Dr. Ibnu Masud Wiradesa Pekalongan
ditemukan beberapa kelemahan yang mempengaruhi kemampuan hafalan siswa dan dari
hasil diagnosa, ditemukan kelemahan
-kelemahan yaitu: (1) selama proses pembelajaran
siswa kurang memperhatikan ayat dan surat yang sudah dihafalkan, (2) Siswa jarang membaca Al
-Quran, (3) konsentrasi siswa kurang terfokus, (4) Sebagian besar siswa belum bisa membaca Al-Quran. Berdasarkan hal-hal di atas, maka
perlu perubahan tindakan pembelajaran untuk dapat mengatasi upaya yang dapat dilakukan dengan penelitian tindakan kelas (PTK).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)
Bagaimana penerapan metode tikrari dalam
meningkatkan kemampuan menghafal surat
asy-Syam siswa madrasah aliyah (MA) Dr. Ibnu Masud Wiradesa Pekalongan?; 2) Bagaimana
kemampuan menghafal surat asy-Syams siswa
madrasah aliyah (MA) Dr. Ibnu Masud Wiradesa
Pekalongan sebelum dan sesudah diterapkannya metode tikrari?; 3) Apakah penerapan metode tikrari dapat meningkatkan kemampuan menghafal
surat asy-Syams siswa madrasah aliyah (MA)
Dr. Ibnu Masud Wiradesa Pekalongan?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research)
pada peserta didik kelas X Madrasah Aliyah (MA) Dr. Ibnu Masud Wiradesa Pekalongan. teknik pengumpulan data yang dipergunakan antara lain dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian sebagaiman
a telah dibahas di atas, kesimpulan akhir penelitian dapat disimpulkan: 1) Dengan menggunakan metode Tikrari dapat meningkatkan kemampuan menghafal siswa dalam pembelajaran Tahfidzul Quran; 2) Kemampuan hafalan siswa dalam menghafalkan surat asy-Syams yang dilaksanakan
dengan menggunakan metode tikrari dengan materi hafalan surat as-Syam mengalami
peningkatan dari siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 69.23 dengan tingkat persentase
ketuntasan mencapai 69.23 % meningkat pada siklus II menjadi rata-rata kemampuan 83.85 dengan tingkat ketuntasan mencapai 100 %;
3) Aktivitas siswa dalam dalam menghafalkan
surat as-Syam yang dilaksanakan dengan menggunakan metode tikrari dalam mata pelajaran Tahfidzul Quran yaitu materi hafalan surat
as-Syam mengalami peningkatan dari siklus I diperoleh skor rata-rata aktivitas sebesar 2,2 yang menunjukan kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi 3,2 yang menunjukan kriteria baik.
12SK128521.00 | SK PAI14.1285 FAI p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain