SKRIPSI PAI
Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SD Negeri 01 Kabunan Kecamatan Taman Kabupaten Pekalongan
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia, perkembangan iklim
belajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri, serta sikap dan perilaku yang inovatif dan kreatif. Dalam hal ini seorang guru mempunyai peranan yang sangat penting terhadap k
eberhasilan siswa dalam
belajar, khususnya didalam proses Kegiatan Belajar Mengajar di SD Negeri 01 Kabunan
Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.
Permasalahan penelitian ini adalah
1) Bagaimana pemanfaatan sumber belajar di SD
Negeri 01 Kabunan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang?; 2) Bagaimana prestasi belajar pada
mata peljaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 01 Kabunan Kecamatan Taman Kabupaten
Pemalang?; 3) Bagaimana pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 01 Kabunan Kecamatan Taman
Kabupaten Pemalang?; Tujuan penelitian ini adalah
1)Untuk mengetahui pemanfaatan sumber belajar di SD Negeri 01 Kabunan
Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang; 2) Untuk mengetahui prestasi belajar
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 01 Kabunan Kecamatan
Taman Kabupaten Pemalang; 3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber
belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 01 Kabunan Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Kegunaan penelitian ini ada dua macam
yaitu kegunaan Teoritis dan Kegunaan Praktis.
Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa di SD Negeri 01 Kabunan
Kecamatan Taman Kabu
paten Pemalang yang berjumlah 225 siswa.
Analisis data dalam penelitian ini adalah
menggunakan Korelasi Product Moment.
Penulis mengambil
sampel sebesar 20%.
Sampel dalam
penelitian ini adalah 45 siswa yang terdiri dari
kelas II, III, IV, dan V di SD Negeri 01 Kabunan
Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.
Variabel penelitian ada dua, yaitu
pemanfaatan sumber belajar
sebagai variabel bebas dan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview,angket,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan
1)Pemanfaatan sumber belajar
di SD Negeri 01 Kabunan Taman termasuk dalam kategori sangat tinggi, hal ini dibuktikan dari rata-rata skor angket
pemanfaatan sumber belajar sebesar 73,50 berada diantara interval 68-80 yang termasuk dalam
kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pemanfaatan sumber belajar di
SD Negeri 01 Kabunan
Taman termasuk dalam kategori sangat
tinggi; 2) Prestasi belajar di SD
Negeri 01 Kabunan Taman termasuk dalam kategori
tinggi, hal ini dibuktikan dari rata-rata data
prestasi belajar
sebesar 75,00 berada diantara interval 66-77
yang termasuk dalam kategori tinggi.
Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar di SD Negeri 01 Kabunan Taman termasuk dalam kategori
tinggi; 3) Ada hubungan yang signifikan antara
{pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi
belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 01 Kabunan
Taman Tahun Pelajaran 2013/2014}. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan harga r yang diperoleh sebesar 0,750 di mana harga r tabel
pada taraf signifikan 5% dengan N =45 sebesar 0,294 yang berarti r hitung > r tabel atau 0,750 >0,294 sehingga ada hubungan yang
sangat signifikan. Selanjutnya pada taraf signifikan 1% dengan N = 45 sebesar 0,380 yang berarti r hitung>r tabel atau 0,750> 0,380 sehingga ada hubungan yang signifikan.
12SK128321.00 | SK PAI14.1283 WIT p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain