SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Perilaku Kedisiplinan Melalui Metode Demonstrasi Pada Kelompok A Di TK Muslimat Coprayan Buaran Pekalongan Tahun Pelajaran 2013/2014
Kata kunci: perilaku kedisiplinan, metode demonstrasi.
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki tingkat disiplin anak di TK adalah dengan menggunakan metode demonstrasi. Melalui
kegiatan demonstrasi, guru dapat meningkatkan pemahaman anak yaitu melalui
penglihatan dan pendengaran. Anak diminta untuk memperhatikan dan mendengarkan baik-baik semua keterangan guru sehingga ia lebih paham tentang cara mengerjakan sesuatu. Selanjutnya anak dapat meniru bagaimana caranya
melakukan hal tersebut seperti yang dicontohkan oleh guru.
Rumusan masalah penelitian ini adalah:
Apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan perilaku kedisiplinan pada kelompok A di TK Muslimat Coprayan Buaran
Pekalongan tahun pelajaran 2013/2014?.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku kedisiplinan anak dalam
membuang sampah pada tempatnya di sekolah, untuk meningkatkan perilaku kedisiplinan anak dalam mengerjakan tugas sendiri, dan untuk meningkatkan perilaku kedisiplinan anak dalam mengumpulkan tugas sampai selesai di dalam
kelas. Sedangkan Kegunaan penelitian ini adalah penelitian ini diharapkan dapat
menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan ilmiah dibidang pendidikan,
khususnya tentang penerapan metode demonstrasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dekumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
Pertama; proses pelaksanaan metode
demonstrasi dalam meningkatkan perilaku kedisiplinan anak dalam membuang
sampah pada tempatnya di sekolah, untuk meningkatkan perilaku kedisiplinan
anak dalam mengerjakan tugas sendiri, dan untuk meningkatkan perilaku
kedisiplinan anak dalam mengumpulkan tugas sampai selesai di dalam kelas.
Kedua; hasil dari penerapan metode demons
trasi di kelompk A TK Muslimat Coprayan Buaran
Pekalongan tentang
upaya meningkatkan perilaku kedisiplian
melalui metode demonstrasi
menunjukkan bahwa pada siklus 1 kemampuan
perilaku kedisiplinan anak
masih kuarang maksimal sehingga perlu ditingkatkan pada siklus berikutnya. Dari analisis hasil akhir pada siklus 2 yang telah dicapai
maka penggunaan metode
demonstrasi terbukti dapat meningkatkan
perilaku kedisiplinan melalui metode demonstrasi pada kelompok A di TK Muslimat
Coprayan Buaran Pekalongan.
12SK127621.00 | SK PAI14.1276 ZAE u C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain