SKRIPSI PAI
Upaya Orang Tua Dalam Menangani Problematika Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) Pada Remaja Pubertas Di Dukuh Pantai Sari Kel. Panjang Baru Kec. Pekalongan Utara Kota Pekalongan
Kata Kunci : Upaya dan Problematika Baca Tulis Al-Quran (BTQ).
Sejalan dengan kesulitan belajar tidak hanya sekedar kesulitan belajar dalam hal berhitung, menulis melainkan kesulitan belajar yang berkaitan dengan hal membaca Al-Quran sering kali terdapat suatu hambatan yang membacanya.
Hal ini juga terjadi terjadi pada remaja yang bertempat tinggal di Dukuh Pantai Sari
Kelurahan Panjang Baru Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan yang
mayoritas lingkunganya berada di pesisir pantai.
Berdasarkan pemikiran diatas, maka penulis merumuskan masalah yaitu (1)
Bagaimana pembelajaran BTQ di Dukuh Pantai Sari?, (2) Bagaimana problematika BTQ
di Dukuh Pantai Sari?, (3) Bagaimana
upaya orang tua dalam menangani
problematika BTQ di Dukuh Pantai Sari?.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai
bahan pengetahuan bagi masyarakat Dukuh Pantai Sari khusunya para orang tua
untuk lebih mendidik dan meningkatkan proses
belajar anak-anaknya yang sudah
berusia remaja agar dalam hal membaca dan menulis Al-Quran bisa lebih baik.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan
(field research) dengan
langsung meneliti objek dan mencari data secara konkrit, sifat penelitian ini adalah
deskriptif, peneliti mencari data-data dan memberikan gambaran terhadap
penyajian hasil penelitian di lapangan, data tersebut merupakan data hasil
wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi atau dokumen resmi lainnya, karena data dalam penelitian ini adalah data dalam bentuk deskriptif atau bukan data dalam bentuk
statistik. Adapun yang menjadi sumber penelitian adalah para orang tua di Dukuh Pantai Sari yang anaknya sudah berusia remaja pubertas namun
masih mengalami problematiika dalam Baca Tulis Al-Quran, dimana di daerah
tersebut terdapat fenomena yang menjadi fokus penelitian.
Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan adalah sebuah
pendekatan deskriptif dengan
prosedur pemikiran secara induktif yaitu dengan
fakta yang ada lalu ditarik suatu kesimpulan dari penelitian ini. Penulis menganalisis jawaban yang diberikan oleh para informan
untuk kemudian ditarik sebuah kesimpulan tentang upaya orang tua dalam menangani problematic BTQ
pada remaja pubertas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran BTQ di Dukuh Pantai Sari kurang efektif. Hal ini dikarenakan ada sejumlah problematika yaitu faktor penghambat, diantaranya faktor intern (keluarga) dan faktor ekstern (lingkungan).
Akan tetapi masih banyak orang tua yang mengupayakan anaknya agar tetap bisa
belajar dengan memberikan konstribusi penuh. Jadi dapat disimpulkan bahwa
upaya orang tua dalam menangani
problematika BTQ pada remaja pubertas
di Dukuh Pantai Sari dapat
dikatakan cukup baik.
12SK127421.00 | SK PAI14.1274 YUN u C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain