SKRIPSI PAI
Etika Pendidik ( Studi Komparasi Pemikiran Ibnu Jama'ah Dalam Kitab Tadzkirat Al Sami Wal Mutakallim Dengan KH. Hasyim Asyari Dalam Kitab Adab Al'Alim Wal Muta'alim)
Pendidikan di Indonesia sekarang ini seolah tidak pernah surut dari permasalahan. Berbagai masalah muncul seperti rendahnya kualitas pendidikan,
kurangnya sarana prasarana pendidikan sampai terjadinya degradasi etika pendidik.
Etika yang dimiliki oleh sebagian pendidik dewasa ini telah mengalami kemorosotan.
Oleh karena itu alangkah baiknya pendidik menengok kembali pemikiran-pemikiran
tokoh pendidikan yang telah memberikan tauladan. Ibnu Jamaah dan KH. Hasyim Asyari adalah tokoh pendidikan yang banyak mencetuskan ide-ide dalam bidang pendidikan. Keduanya merupakan tokoh yang sangat berpengaruh di zamannya
bahkan hingga sekarang.
Berkaitan dengan hal tersebut, rumusan masalah yang penulis ajukan adalah
Bagaimana pemikiran Ibnu Jamaaah tentang etika pendidik, Bagaimana pemikiran
KH. Hasyim Asyari tentang etika pendidik, Apa persamaan dan perbedaan pemikiran keduanya mengenai etika pendidik dari kedua tokoh tersebut.
Adapun tujuan yang ingin penulis capai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana konsep etika pendidik menurut Ibnu Jamaah, untuk
mengetahui bagaimana konsep etika pendidik menurut KH. Hasyim Asyari, untuk
mengetahui persamaan dan perbedaan antara konsep etika pendidik menurut kedua
tokoh tersebut. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi
pengetahuan tentang etika pendidik, memberikan gambaran komparasi etika pendidik
menurut Ibnu Jamaah dan KH. Hasyim Asyari, dapat digunakan sebagai literatur dan
penjabaran etika pendidik, terutama etika pendidik
dalam islam, sebagai bahan kajian/wacana dunia pustaka dalam dunia pendidikan
bagi semua pihak yang membutuhkan, serta sebagai pedoman dan konsep kode etik pendidik sehingga mengetahui materi dan metode yang digunakan. Penelitian ini adalh penelitian kepustakaan yang menggunakan pendekatan
kualitatif. Untuk pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka (library research), maka dalam mengumpulkan data penulis mengkaji berbagai macam buku, makalah, artikel dan lain-lain yang mempunyai relevansi dengan judul kemudian mendokumentasikannya dalam bentuk tulisan. Adapun jenis analisis data yang
digunakan adalah komparatif dan content analisis.
Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa Ibnu Jamaah dan KH. Hasyim Asyari memberikan batasan etika yang dipegangi oleh pendidik ada 3 macam etika secara global yang kemudian dijabarkan lagi menjadi beberapa bagian, yaitu etika pendidik terhadap dirinya, etika pendidik dalam mengajar, dan etika pendidik dalam
bergaul dengan peserta didik. Adapun persamaan pemikiran kedua tokoh tersebut
tentang etika pendidik diantaranya: konsep dan pemikirannya sama-sama didasari
oleh nilai-nilai sufistik, sama-sama mengedepankan
rasa kasih sayang terhadap murid, sama-sama mengandung nilai-nilai psikologis,
sama-sama dipengaruhi oleh keadaan zaman yang dihadapi keduanya, sama-sama mendasarkan pemikirannya pada dalil-dalil al-Quran dan hadits, dan sama-sama mensyaratkan kepada pendidik untuk memiliki sifat ikhlas dalam mengajar. Sedangkan perbedaanya adalah KH. Hasyim
asyari lebih menjabarkan secara detail dari setiap
etika pendidik yang ada dibandingkan pemikiran ibnu jamaah.
12SK127121.00 | SK PAI14.1271 MIS e C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain