SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Akhlak Anak Di Kalangan Keluarga Karyawan Perempuan PT MFI Pekalongan Di Desa Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Anak merupakan amanat dari Allah swt yang diberikan kepada setiap orang tua, dan orang tualah yang paling berkewajiban untuk membimbing dan mendidiknya terutama pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak sangat penting karena dalam kehidupan sehari-hari kita harus berperilaku yang baik dan terpuji.
Perjuanagan orang tua dibidang ekonomi
telah merambah kepada para ibu di Desa
Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang yang bekerja di PT MFI
Pekalongan, sehingga yang seharusnya lebih memperhatikan pendidikan akhlak
anaknya mereka justru sibuk bekerja. Sehingga banyak anak-anak yang ditinggalkan di rumah, kurang mendapatkan perhatian, terutama pendidikan akhlak.
Dalam penelitian ini, penulis memaparkan dua permasalahan antara lain bagaimana implementasi pendidikan akhlak anak di kalangan keluarga karyawan perempuan PT MFI Pekalongan di Desa Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang? Dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pendidikan akhlak anaknya tersebut? Adapun tujuannya adalah
untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak anak di kalangan keluarga karyawan perempuan PT MFI Pekalongan di Desa Sidorejo, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta solusi pemecahannya.
Sedangkan kegunaan peneliti
an ini adalah untuk memperjelas pentingnya keluarga terlebih ibu yang bekerja di pabrik dalam mengupayakan pendidikan akhlak anaknya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah peneliti
an lapangan (field research). Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber dat primer dan
sumber data sekunder. Sedangkan dalam mengumpulkan data penulis
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam
menganalisis data, penulis menggunakan
analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pendidikan akhlak dalam keluarga karyawan PT MFI Pekalongan adalah membentuk akhlakul karimah anak pada anak, sehinnga selamat di dunia dan akhirat. Materi pendidikan yang
diajarkan adalah membiasakan anak untuk sholat, puasa, berperilaku yang baik,
jujur, suka tolong menolong, dan patuh kepada orang tua dan membuang sampah
pada tempatnya. Metode yang digunakan adalah metode keteladanan, pembiasaan,
nasihat dan hukuman. Faktor yang menduku
ng dekatnya rumah dengan musholla,
TPQ, guru ngaji dan adanya anggota keluarga yang mendalami ilmu agama.
Faktor yang menghambat kurangnya pengetahuan ibu tentang pendidikan akhlak,
ekonomi yang pas-pasan, kurangnya waktu dalam melaksanakan pendidikan akhlak anak.
12SK127021.00 | SK PAI14.1270 AIN i C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain