SKRIPSI PAI
Pengaruh Metode Ganjaran Dan Hukuman Terhadap Prestasi Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MIS Ma'arif NU Kebonsari Karangdadap Pekalongan
Kata kunci: Metode Ganjaran dan Hukuman,
Prestasi,Aqidah Akhlak.
Ganjaran adalah sesuatu yang menyenangkan yang dijadikan sebagai hadiah bagi anak yang berprestasi baik dalam belajar, dalam sikap perilaku. Hukuman merupakan satu dari sekian metode pendidikan yang bisa menunjang
kelancaran dari proses pelaksanaan pendidikan sebagai metode pendidikan.
Pelajaran Akidah Akhlak di MIS Maarif NU Kebonsari Karangdadap Pekalongan
merupakan bidang studi yang mengajarkan dan membimbing siswa untuk dapat mengetahui, memahami, dan meyakini akhlak serta dapat membentuk dan mengamalkan tingkah laku yang baik sesuai dengan ajaran Islam.
Rumusan masalah yang dikemukakan didalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan ganjaran dan hukuman pada mata pelajaran Akidah
Akhlak di MIS Maarif NU Kebonsari Karangdadap Pekalongan, bagaimana tingkat prestasi belajar
pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MIS Maarif
NU Kebonsari Karangdadap Pekalongan,
Bagaimana pengaruh ganjaran dan hukuman
terhadap tingkat prestasi mata pelajaran Akidah Akhlak di MIS Maarif NU Kebonsari Karangdadap Pekalongan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
tentang pelaksanaan ganjaran dan hukuman
dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di MIS Maarif NU Kebonsari Karangdadap Pekalongan,untuk
mendeskripsikan tentang tingkat prestasi belajar
mata pelajaran Akidah Akhlak di MIS Maarif
NU Kebonsari Karangdadap Pekalongan, untuk
mendeskripsikan tentang pengaruh
metode ganjaran dan hukuman terhadap prestasi
belajar mata pelajaran akidah akhlak di MIS Maarif
NU Kebonsari Karangdadap Pekalongan.
Sedangkan kegunaan penelitian antara lain
sebagai dasar dan petunjuk bagi guru atau calon guru dalam memberikan ganjaran dan
hukuman kepada siswanya dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas III dan IV mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan memberikan informasi
kepada guru atau calon guru mengenai bagaimana cara pemberian dan penerapan
ganjaran dan hukuman yang sesuai dengan konteks pendidikan Islam.
Metode penelitiannya meliputi desain penelitian, di mana penulis menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif, sedang penelitiannya adalah
penelitian lapangan (field research), di mana peneliti mengamati langsung kelokasi penelitian.
Dan penulis menggunakan 2 variabel yaitu variabel bebas (pelaksanakan ganjaran dan hukuman) dan variabel terikat (prestasi belajar siswa).
Sementara teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan interview,
angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data, digunakan teknik
analisis kuantitatif atau sering disebut statistik, di mana menggunakan rumus korelasi
product moment. Pelaksanaan ganjaran dan hukuman yang diterapkan oleh guru mata pelajaran Aqidah Akhlak mempunyai pengaruh positif yang signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, hal ini dibuktikan pada taraf signifikan 5% r tabel = 0,243, sehingga rxy > rtabel
karena 0,518 > 0,243, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.
Dan juga pada taraf signifikan 1% r tabel = 0,338, dengan demikian rxy>r tabel, karena 0,518>0,338, sehingga Ha diterima, dan Ho ditolak.
Dengan demikian hipotesis diterima, karena terdapat pengaruh positif yang
signifikan antara dua kelompok tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah diadakan pengujian seperti tersebut di atas membuktikan bahwa hipotesis yang penulis ajukan diterima, baik pada taraf signifikan 5% atau 1%. Dengan
demikian adanya ganjaran dan hukuman dapat memotivasi siswa untuk lebih berusaha dalam meningkatkan prestasi belajarnya.
12SK126921.00 | SK PAI14.1269 MUK p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain