SKRIPSI PAI
Hubungan Antara Pengetahuan Etika Berbusana Dengan Perilaku Berbusana Mahasiswa STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah
Kata kunci : Etika Berbusana,Perilaku Berbusana Mahasiswi.
Etika merupakan nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan
bagi seseorang atau kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.Istilah lain yang berdekatan
dengan etika ialah moral dan akhlak.Etika menjadi alat kontrol atau rambu-rambu bagi seseorang atau kelompok dalam melakukan suatu tindakan
atau aktivitasnya. Apalagi etika Islam yang berdasar Al-Quran dan Hadis.
Seringkali etika tercermin dalam bentuk perilaku yang berbeda-beda sesuai motivasinya.
Perilaku yang menjadi pertimbangan baik buruknya seseorang. Khususnya perilaku berbusana yang tercermin dari etika berbusana yang diterapkan sebagai aturan dalam diri seseorang. Perilaku tersebut adalah wujud
dari aturan yang telah ditetapkan,
sehingga baik buruknya telah diketahui tolok
ukurnya.
Penerimaan terhadap perilaku seseorang diukur relatif terhadap norma sosial dan diatur oleh berbagai kontrol sosial.
Mahasiswi yang beretika anggun
dan unggul akademik akan memiliki integritas tinggi, memiliki kejujuran, keberanian dan kemandirian. Karakter Mahasiswi tangguh diperlukan bagi pembangunan bangsa. Bangsa yang mempunyai karakter tangguh tercermin pada
moral, etika, dan budi pekerti yang baik serta mempunyai semangat, tekad, dan
energi kuat, dengan pikiran positif dan sikap yang optimis serta dipenuhi rasa persatuan dan kebersamaan yang tinggi.
Mahasiswi merupakan insan terdidik yang mana perilaku sehari-hari akan menjadi acuan masyarakat sekitar, dan melalui keteladanan akan memberi pengaruh positif terhadap pembentukan warga masyarakat sekitar.
Sehingga tepat jika STAIN Pekalongan sebagai lembaga pendidikan tertinggi berbasis Islam menerapkan etika berbusana yang sesuai
dengan Etika Islam agar dapat menerapkan
perilaku berbusana mahasiswi sesuai aturannya.
Atas dasar pemikiran diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
pengetahuan etika berbusana Mahasiswi STAIN
Pekalongan Jurusan Tarbiyah. 2)Bagaimana perilaku berbusana Mahasiswi STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah. Adapun kegunaan dalam
penelitian ini adalah: 1) Bagi Mahasiswi dapat mengetahui etika berbusana sesuai aturannya
dengan tidak berperilaku berbusana melampaui aturan yang telah ditetapkan.
2)STAIN Pekalongan agar tetap mempertahankan etika berbusana tidak hanya sebagai aturan tertulis saja, tetapi ada tindakan nyata bagi Mahasiswi yang tidak sesuai aturan yang berlaku.
3)Dapat memberikan motivasi memperhatikan
keberadaan etika berbusana yang
ditetapkan untuk dilaksanakan sebagaimana
mestinya. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif,
sedangkan jenis penelitian merupakan penelitian studi kasus dengan variabel bebas yaitu
pengetahuan etika berbusana dan variabel terikat yaitu perilaku berbusana Mahasiswi.
Adapun populasinya adalah mahasiswi S.1 reguler jurusan Tarbiyah angkatan 2011
dengan jumlah 45 diambil 20% dari 237 mahasiswi.
Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Product moment.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengetahuan etika berbusana Mahasiswi STAIN Pekalongan memiliki rata-rata 59,08 termasuk dalam kategori baik.
Sedangkan, perilaku berbusana Mahasiswi STAIN Pekalongan memiliki rata-rata 39,68 juga termasuk dalam kategori baik. Kemudian antara pengetahuan
etika berbusana tidak mempunyai korelasi yang signifikan dengan perilaku berbusana Mahasiswi STAIN Pekalongan Jurusan Tarbiyah sesuai dengan hasil dari analisis uji hipotesis tabel disimpulkan pada taraf 5% nilai rxy lebih kecil dari
pada nilai r dalam tabel (pada taraf signifikan 5 % rxy = 0,211 < rt = 0,301),
sedangkan pada taraf 1% nilai rxy juga lebih kecil dari pada nilai r dalam tabel (pada taraf signifikan
1% rxy = 0,211< rt = 0,389).
Dengan demikian, dapat dikatakan,
bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan etika berbusana dengan perilaku berbusana Mahasiswi STAIN Pekalongan
Jurusan Tarbiyah.
12SK126221.00 | SK PAI14.1262 SYA h C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain