SKRIPSI PAI
Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam MI Al Huda Desa Mangli Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang
Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Pendidikan Agama Islam.
Kompetensi pedagogik erat kaitannya dengan kemampuan guru dalam melakukan pembelajaran.
Kompetensi ini sebagai bagian penting dari tugas utama guru, disamping keseimbangannya dengan kompetensi kepribadian dan sosial.
Guru dapat meramu penguasaan kompetensi pedagogik dan profesioanal tersebut
dengan menekankan pada keberhasilan belajar peserta didik untuk semua aspek.
Berdasarkan observasi penulis, jumlah siswa-siswi MI Al Huda Mangli Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang terus bertambah. Selain itu,
MI Al Huda menjadi pilihan bukan lagi alternatif bagi orang tua untuk
menyekolahkan anaknya ke MI bukan ke Sekolah Dasar Negeri ini menjadi salah
satu indikator dari kesuksesan pembelajaran yang ada di MI Al Huda tersebut,
yang tidak bisa dilepaskan dari kompetensi pedagogik seorang guru.
Rumusan masalah dalam pnelitian ini yaitu
bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI, faktor apa saja yang memengaruhi kompetensi pedagogik
guru PAI MI Al Huda Mangli Randudongkal Pemalang. Tujuan penelitian untuk
mengetahui kompetensi pedagogik guru PAI, untuk mengetahui faktor yang memengaruhi kompetensi pedagogik Guru PAI MI Al Huda Mangli
Randudongkal Pemalang. Kegunaan penelitian ini secara teoritis dapat menambah
pengetahuan tentang kompetensi pedagogik guru P
endidikan Agama Islam.
Menambah wawasan pengetahuan dan khazanah Islam yang sangat
memperhatikan pendidikan yang bertujuan untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.
Serta dapat dijadikan bahan acuan bagi yang hendak melakukan penelitian selanjutnya.
Secara praktis dapat mengetahui
kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di MI Al Huda Mangli Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Untuk memberikan kontribusi kearah perbaikan
kelemahan-kelemahan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam MI Al Huda Mangli Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, dengan
analisis deskriptif yang mengacu pada analisis data secara induktif yaitu peneliti menganalisis
masalah berangkat dari kasus-kasus yang bersifat khusus berdasarkan pengalaman nyata untuk kemudian dirumuskan menjadi konsep teori, prinsip, proposisi, atau definisi yang bersifat umum.
Adapun metode yang digunakan
dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kompetensi pedagogik di MI al Huda Mangli
meliputi pengetahuan tentang peserta didik, kemampuan perencanaan dalam proses KBM, melaksanakan pembelajaran, menilai proses dan
hasil pembelajaran, mengembangkan potensi peserta didik dengan memberikan bimbingan.
Di MI Al Huda Mangli ada dua faktor yang
memengaruhi kompetensi guru PAI, seperti faktor pendukung yaitu adanya motivasi yang tinggi dari para guru PAI untuk mengembangkan kompetensi pedagogiknya, para guru sering
mengadakan diskusi untuk membahas kesulitan-kesulitan yang mereka hadapi secara bersama-sama demi tercapainya kompetensi pedagogik. Kemudian hambatan dari pengembangan kompetensi pedagogik guru PAI di MI Al Huda
Mangli adalah faktor ekstern dari guru dan juga
fasilitas yang belum memadai untuk mengembangkan kompetensinya. Kurangnya par
tisipasi guru dalam ruang lingkup Madrasah.
12SK126121.00 | SK PAI14.1261 KHU k C.0 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain